by

Komitmen Jaga Kualitas Lembaga, LPM IAIN Samarinda Lakukan AMI Periode Kedua

SAMARINDA, IAIN NEWS,- Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda kembali menggelar Audit Mutu Internal (AMI) periode kedua setelah sebelumnya dilakukan periode pertama pada Januari lalu. Hal itu dilakukan untuk memastikan bahwa proses pelaksanaan kegiatan di internal kampus sesuai dengan standar prosedur. Jum’at (23/10/2020)

Rencana pelaksanaan AMI tersebut nantinya akan dilakukan setiap fakultas dilingkungan IAIN Samarinda. Namun periode kedua ini dimulai dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Samarinda.

Dr. Hj. Darmawati, M.Hum wakil Dekan FEBI IAIN Samarinda dalam sambutannya, ia menyampaikan kesiapannya untuk diaudit pertama pada periode kedua ini.

“Yang pastinya di pagi hari ini FEBI sangat siap atas kedatangan Tim AMI yang telah dibentuk LPM. Kami sudah menyiapkan beberapa dokumen berupa soft file dan hard copy untuk dikroscek nantinya”, imbuhnya.

Meski begitu, Darmawati mengakui bahwa selama proses perjalanannya pasti terhadap kelemahan. Ia berharap agar setelah dilakukan AMI ada evaluasi untuk perbaikan.

“Tak ada gading yang tak retak, maksudnya adalah pasti terdapat kekurangan. Oleh karena itu kami berharap agar usai ini FEBI mendapatkan masukan-masukan baru agar FEBI bisa lebih meningkatkan mutunya”, harap dekan.

Menanggapi hal tersebut, diruang yang sama Ketua LPM IAIN Samarinda, Dr. Nur Kholik Efendi, M.Pd mengatakan prinsip AMI adalah untuk meningkatkan mutu institusi dan mengurangi resiko ketidaktercapaian standar, pelaksanaanya secara profesional, teliti dan objektif.

“AMI ini kan sebagai bentuk wa tawasau bil-haqqi wa tawasau bis-sabr kita bersama, artinya menjadi ruang untuk saling mengingatkan, mengoreksi, ya agar kualitas lembaga kita itu bisa semakin mengingatkan, kalau buka kita yang jaga mutunya siapa lagi”, kata ketua LPM IAIN Samarinda yang akrab disapa Kholik itu.

Selain itu, dirinya juga berharap kepada seluruh tim auditor agar melakukan kroscek dokumen dengan cermat sehingga dapat diketahui sejauh mana implementasi program-programnya terlaksanakan.

“Kami sampaikan kepada tim auditor agar nantinya melakukan pemeriksaan dokumen dengan cermat, sehingga kita bisa menilai sejauh mana implementasi program-programnya terlaksanakan”, ujarnya.

“Insyaallah kami akan melaksanakan AMI di semua fakultas termasuk Pascasarjana. Alhamdulillah telah diinformasikan melalui rapat pimpinan, waktunya juga sudah dibicarakan dengan pihak fakultas dan Pascasarjana”, tambahnya sebelum menutup sambutan.#humasiainsmd

News Feed