by

Tiga Asesor Ahli Dari Perpusnas RI Lakukan Visitasi Akreditasi Di UPT Perpustakaan IAIN Samarinda

-Kegiatan-66 views

SAMARINDA, IAIN NEWS,- Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda kedatangan tim asesor dari Badan Perpustakaan Nasional untuk melakukan visitasi akreditasi pada UPT Perpustakaan IAIN Samarinda. Asesor dipimpin langsung Drs. Supriyanto, M.Si. selaku Direktur Standarisasi dan Akreditasi Perpustakaan Nasional beserta jajarannya, antara lain yakni Drs. Bambang Supriyo Utomo, M.Lib dan Alfi Noor Afridyan, S.IIP.

Terpantau oleh media ini, tim asesor tersebut disambut antusias oleh para pimpinan IAIN Samarinda, baik jajaran Rektorat, Fakultas, para Pustakawan maupun masing-masing kepala unit lembaga di lingkungan IAIN Samarinda. Rabu (12/11/2020)

Rektor IAIN Samarinda, Prof. Dr. M. Ilyasin, M.Pd. melalui Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga, Dr. M. Nasir, M.Ag mengungkapkan dalam sambutannya bahwa transformasi lembaga IAIN menjadi Universitas Islam Negeri Kaltim dalam waktu dekat ini, diharapkan seluruh komponen lembaga IAIN Samarinda dapat berkontribusi dalam perkembangan, termasuk UPT perpustakaan.

Lebih lanjut Nasir mengatakan, kini IAIN Samarinda telah memiliki beberapa unit perpustakaan pada masing-masing Fakultas maupun di Pascasarjana.

“Saat ini kita sedang berbenah untuk menuju kampus bertaraf universitas, untuk itu kami berharap seluruh komponen unit juga mengalami perubahan termasuk perpustakaan. Melalui akreditasi hari ini kita berharap perpustakaan IAIN Samarinda semakin meningkatkan kualitasnya”, harapnya.

Sementara itu Supriyanto dalam sambutannya ia berharap apa yang diamanatkan UU nomor 43 tahun 2007 tentang keberadaan perpustakaan di lingkungan perguruan tinggi dapat menjadi wahana rekreasi ilmiah, baik para dosen maupun mahasiswa. Menurut dia, idealnya perpustakaan harus mampu melakukan pendekatan dengan mengedepankan kepuasan pada pelanggan.

“Pengelolaan perpustakaan di sebuah perguruan tinggi harus bisa mengedepankan kepuasan pada pelanggan bain itu dosen atau mahasiswa”, ujarnya.

Lebih jauh, dia menuturkan kedatangan dia dan pihaknya ke IAIN Samarinda untuk melakukan pembinaan dan mengevaluasi kegiatan juga pengelolaan perpustakaan. Salah Satu bentuk evaluasinya adalah dengan dilakukannya akreditasi.

“Kami akan memotret pengelolaan perpustakaan ini. Kami diamanatkan ke IAIN Samarinda untuk melakukan pembinaan dan evaluasi. Maka salah satu cara untuk mengevaluasinya adalah dengan melakukan akreditasi sebagaimana yang sudah direncanakan”, tutup Supryanto.

Selanjutnya, Bahrani M.Pd. selaku Kepala Perpustakaan IAIN Samarinda turut mempresentasikan perkembangan dan ketersediaan fasilitas unit yang ia pimpin antara lain ruang multimedia, ruang baca, referensi, sirkulasi, BI Corner, ruang literasi, loker penitipan barang, ruang keamanan dan CCTV, musholla dan pencapaian perpustakaan seperti beberapa mitra dan kejuaraan event tingkat perpustakaan nasional.

Dari pantauan media ini, usai pembukaan selanjutnya tim visitasi melakukan monitoring ke beberapa ruang refrensi perpustakaan dan mengkroscek dokumen-dokumen perpustakaan IAIN Samarinda yang telah disiapkan.#humas (i/mu)

News Feed