by

Senat Al-Jamiah IAIN Samarinda Tetapkan Pemenang Sayembara Karya Cipta Logo, Himne dan Mars UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda

-IAIN Samarinda-1,643 views

SAMARINDA, IAIN NEWS,- Setelah melalui sejumlah tahapan, akhirnya Senat Al-Jamiah IAIN Samarinda menetapkan pemenang sayembara Karya Cipta logo, himne dan mars Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Selasa (17/11/2020).

Pengumuman pemenang sayembara tersebut tertuang pada Surat Keputusan Rektor Nomor 3407 tahun 2020 tentang penetapan pemenang Sayembara Karya Cipta Logo, Mars dan Himne UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda dengan menetapkan:

Logo dimenangkan kode peserta 035 sebagai juara 1 asal Samarinda, kode 025 sebagai juara 2 asal Pamekasan, dan kode 065 sebagai juara 3 asal Samarinda.

Himne dimenangkan kode peserta 05 sebagai juara 1 asal Wahau, kode 01 sebagai juara 2 asal Samarinda dan kode 03 sebagai juara 3 asal Samarinda.

Mars dimenangkan kode peserta 08 sebagai juara 1 asal Samarinda, kode 12 sebagai juara 2 asal Samarinda, dan kode 11 sebagai juara 3 asal Balikpapan.

Meski begitu, sebelumnya, pemenang lomba diputuskan dalam rapat senat yang digelar siang tadi (17/11) pukul 13.00-16.00 WITA diruang Rektor kampus 2 Jl. H. A. M. Rifaddin Loa Janan Ilir Samarinda Seberang.

Sementara itu, Rektor berharap logo yang telah ditetapkan pada rapat senat hari ini memiliki aspek orisinalitas dan relevan sesuai dengan  visi dan misi lembaga serta nilai yang dikembangkan pada UIN Samarinda.

“Semoga kita dapat putuskan mana yang terbaik, tapi yang juara 1 tidak mesti mutlak ditetapkan sebagai logo UIN nanti, bisa jadi nanti kita kolaborasikan juara dua dan tiga. Pada prinsipnya ketiga logo itu menjadi hak milik lembaga”, tegasnya.

Lebih lanjut, Prof. Ilyasin menuturkan sayembara logo himne dan mars tersebut sebagai langkah konkrit IAIN Samarinda yang akan beralih status menjadi Universitas Islam Negeri.

‚ÄúPenetapan logo, himne dan mars yang dilakukan ini sebagai bentuk langka konkrit menjadi sebuah universitas”, ujarnya.

Selain itu, ia menambahkan, kini pihaknya telah merumuskan tentang integrasi keilmuan, penambahan fakultas, pengembangan prodi dan analisa prospek dan kualitas lulusan menjadi target dalam pengembangan IAIN menjadi UIN Samarinda kedepan.

“Kita telah menyiapkan fakultas dan prodi baru baik jenjang Sarjana, Progam Pascasarjana Magister dan Doktor”, pungkas Prof. Ilyasin.

Selain itu Agus Prajitno, M.Eng selaku koordinator Humas IAIN Samarinda sekaligus sebagai panitia sayembara kepada media ini menuturkan pihaknya menerima 130 karya cipta logo, 17 himne dan mars.

“Cukup ketat, semua karya yang masuk bagus-bagus sehingga dewan juri harus melakukan proses penilaian selama tiga hari untuk menentukan 6 nominasi logo, himne dan mars terbaik, dan hari ini kami akan serahkan kepada Senat kemudian dirapatkan untuk ditentukan pemenangnya”, imbuhnya.#humas (i/m)

News Feed