by

441 Mahasiswa IAIN Samarinda Jalani Wisuda Offline, Rektor Harap Alumni Jaga Reputasi Lembaga

SAMARINDA, IAIN NEWS,- Momentum Wisuda Sarjana S1 XXXIII dan Magister S2 IX, kembali digelar pertama secara offline selama pandemi Covid-19 di Auditorium 22 Dzulhijjah Kampus 2 Jl. H.A.M. Rifaddin Loa Janan Ilir. Namun demikian, momentum bersejarah ini tetap dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan yang ketat dibawah pengawasan langsung dari tim satgas Covid-19 Kota Samarinda. Rabu (17/11/2020).

Berdasarkan informasi yang terhimpun oleh media ini, prosesi wisuda diikuti sebanyak 441 peserta wisudawan dari seluruh Fakultas dan Program Pascasarjana di lingkungan IAIN Samarinda, antara lain Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI), Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD), Fakultas Syariah (Fasya) dan Program Pascasarjana.

Dalam sambutan Rektor IAIN Samarinda, Prof. Dr. M. Ilyasin, M.Pd. menegaskan kepada para alumni bahwa menjadi seorang sarjana bukan berarti akhir dari segalanya.

“Setelah sarjana, apakah tugas belajar kita akan purna, tentu saja tidak, Oleh karena itu, kami tegaskan bahwa kemampuan intelektual saudara saat ini harus dibarengi kemampuan skill, dan kami yakin anda telah memiliki itu semuanya, silahkan berproses mengabdi dan membantu berbagai problem masyarakat, menjaga nama baik almamater, mengedepankan akhlak daripada ilmu”, tegas Ilyasin.

Ilyasin juga menyampaikan bahwa setiap individu dan organisasi harus melakukan perubahan untuk menjawab tantangan zaman. Terlebih lagi dalam waktu dekat, IAIN Samarinda akan berubah menjadi sebuah lembaga yang lebih besar, kampus yang melahirkan sarjana agama yang paham sains dan teknologi.

“Maka perjalanan lembaga kampus tercinta ini senantiasa berusaha melakukan perubahan untuk menjawab berbagai tantangan, dari STAIN, menjadi IAIN hingga UIN, kami sangat meyakini bahwa kampus ini akan melahirkan sarjana agama disamping itu mereka mengerti sains dan teknologi”, kata Rektor dengan nada optimis.

“Oleh karena itu Universitas Islam Negeri nantinya akan membuka tiga Fakultas baru dan satu Progam Doktor diantaranya Fakultas Sains dan Teknologi, Fakultas Adab dan Humaniora, Fakultas Dakwah dan Komunikasi serta Program Doktor Pendidikan Agama Islam”, tambah Rektor.

“Soto Makkasar Belah Ketupat

Tambahkan Merica Agar Terasa Nikmat

Alhamdulillah Gelar Sarjana Sudah Didapat

Semoga Berkah Di Dunia dan Akhirat”

“Ke Pasar Pagi Membeli Pepaya.

Simpanlah Pepaya Di Lemari Es

Kami Ucapkan Selamat Berkarya

Kami Do’akan Semoga Anda Sukses”, tutup Rektor gemar berpantun itu

Dari pantauan media ini, Rektor IAIN Samarinda seusai prosesi wisuda turut menyerahkan piagam penghargaan kepada sejumlah wisudawan berprestasi, yaitu Nur Isnawati, S.Pd (FTIK) dengan IPK 3.95, Muhammad Mattori, S.H.(Fasya) IPK 3.88, Eka Yuliantiyani, S.E.(FEBI) IPK 3.87, Fadilah Hartani, S.Ag (FUAD) IPK 3.83, dan Siti Masitoh, M.H.(PPs HK) IPK 3.94. Setelah itu, Prof. Ilyasin juga menyerahkan mahasiswa secara simbolis kepada forum orang tua mahasiswa (Forma) IAIN Samarinda.#humas (i/ra/mu)

News Feed