by

FTIK IAIN Samarinda Kembali Laksanakan UP-UKMPPG

-AKADEMIA-470 views

SAMARINDA, IAIN NEWS,- Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Insitut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda tahun ini kembali ditunjuk oleh Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Dirjen Pendidikan Islam Kemenag RI sebagai penyelenggara Uji Pengetahuan-Uji Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (UP-UKMPPG).

Diketahui pelaksanaan ujian tersebut berlangsung pada tanggal 12 Desember 2020 lalu, bertempat di laboratarium komputer kampus 2 IAIN Samarinda, Jl. H.A.M Rifaddin, Harapan Baru, Kecamatan Loa Janan Ilir.

Yunita Noor Azizah, M.Pd.I sebagai koordinator UP-UKMPPG di LPTK IAIN Samarinda kepada media ini menyebutkan, jumlah peserta UP-UKMPPG kali ini diikuti puluhan peserta dari berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia.

“Sebanyak 22 peserta dari 5 kampus, antara lain, IAIN Samarinda, Sekolah Tinggi Agama Budha Negeri (STABN) Sriwijaya Tangerang, Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta, UIN Antasari Banjarmasin dan, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Ambon,” sebut Yunita melalui saluran telepon kepada media ini.

Dia menambahkan, ujian tersebut menerapkan protokol kesehatan yang ketat sebagai kesiapsiagaan pencegahan penularan Covid-19 dan ujian digelar di LAB TIPD IAIN Samarinda dengan dua sesi. Sesi pertama pukul 9.30 sampai dengan 12.30 WITA, diikuti sebanyak 16 peserta. Sesi kedua pada pukul 14.00 sampai dengan 17.00 WITA dengan 6 peserta.

“Alhamdulillah kami juga menerapkan protokol kesehatan yang ketat, melakukan penyemprotoan desinfektan pada ruang ujian, selain itu, para peserta dan pengawas diwajibkan menggunakan masker dan sarung tangan,” ujar Dosen FTIK IAIN Samarinda.

Sementara itu, Dr. M. Eka Mahmud, M.Ag. selaku Dekan FTIK IAIN Samarinda juga sekaligus penanggung jawab kegiatan turut menyapa seluruh peserta UP-UKMPPG periode ke 6 tahun 2020.

“Atas nama lembaga, kami mengucapkan selamat datang kepada para peserta UP-UKMPPG di FTIK IAIN Samarinda dari berbagai Perguruan Tinggi. Selama 6 periode program Panitia Nasional UP-UKMPPG, Alhamdulillah tahun ini adalah kali kedua IAIN Samarinda menyelenggarakan kegiatan tersebut dan didampingi langsung oleh penyelia pusat Dr. Abdul Rozak, M.Si sebagai POKJA PPG Kementerian Agama. Tentu kami mengapresiasi para peserta ujian dan ucapan terimakasih kepada penyelia dan para panitia penyelenggara. Ini menandakan adanya kesinergitasan antara panitia lokal dengan pusat dalam mengembangkan kompotensi guru untuk dapat menjadi seorang pendidik yang handal,” pungkas Pimpinan FTIK itu.

Di ruang yang sama, Abdul Rozak berharap program tersebut dapat memberikan sertifikasi guru yang menjadi tanda bahwa mereka adalah guru yang profesional dalam melaksanakan tugas sebagai pendidik.

“Di dalam Program PPG, terdapat 5 tahapan yang harus dilalui oleh para peserta, yaitu Pendalaman Materi Pedagogik, Pendalaman Materi Profesional yang dilaksanakan dalam Workshop/Lokakarya, PPL, Uji Kinerja (UKin) dan Uji Pengetahuan (UP). Kegiatan UP-UKMPPG ini merupakan kegiatan tahap akhir dari Program PPG yang tentu saja kita berharap para guru nantinya dapat menguasai bagaimana melaksanakan tugas dengan baik sebagai seorang guru profesional”, harap Dr. Abdul Rozak, M.Si sebagai Penyelia dan POKJA PPG Kementerian Agama.

Sementara itu, prosesi ujian dilaksanakan secara ketat, menyampaian tata tertib ujian, pengawasan secara langsung, hingga dianggap gugur apabila peserta dinyatakan terlambat dari waktu ujian yang telah ditentukan.#humas (Idris/Muad).

News Feed