by

Dibuka Rektor, Silatnas Forum SEMA PTKIN se-Indonesia Usung Tema Integritas Senat Mahasiswa Dalam Mewujudkan Moderasi Beragama di lingkungan PTKIN

-Mahasiswa-521 views

SAMARINDA, IAIN NEWS,- Sebanyak 50 Mahasiswa aktivitas kampus dari 21 kampus Perguruan Tinggi Kegamaan Islam Negeri (PTKIN) se-Indonesia menghadiri Silaturahmi Nasional (Silatnas) Senat Mahasiswa (SEMA) yang diselenggarakan di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. Silatnas tersebut dirangkai dengan Seminar Nasional dengan tema Integritas Senat Mahasiswa Dalam Mewujudkan Moderasi Beragama di lingkungan PTKIN.

Acara ini dilangsungkan di Auditorium 22 Dzulhijjah Kampus 2 IAIN Samarinda, Jl. H.A.M. Rifaddin, Harapan Baru, Kecamatan Loajanan Ilir Samarinda selama empat hari kedepan, terhitung sejak tanggal 17 hingga 20 Desember 2020 mendatang.

Terpantau oleh media ini, acara pembukaan tersebut diikuti langsung oleh Rektor, para Wakil Rektor, Perwakilan Ormawa internal IAIN Samarinda, Ruchman Basori selaku Kasubdit Sarpras dan Kemahasiswaan Kemenag serta para pegiat SEMA PTKIN se-Indonesia.

Rektor dalam sambutannya menyebutkan bahwa, Senat Mahasiswa (Sema) dan Dewan Eksekutif Mahasiswa (Dema) di setiap lembaga kampus merupakan organisasi yang sangat strategis dalam menyampaikan berbagai aspirasi kemahasiswaan di kampus.

“Silahkan manfaatkan waktu yang singkat ini selama berada di IAIN Samarinda. Suadara berada disebuah organisasi yang resmi bernaung pada Kementerian Agama. Semoga Sema PTKIN semakin aktif dan produktif dalam membantu pengembangan skill mahasiswa di masing-masing kampus,” ujar Rektor IAIN Samarinda.

Menyikapi pandemi Covid-19, Rektor menuturkan agar pegiat Sema menyiapkan berbagai inovasinya  sebagai proyeksi 2021 mendatang.

“Belum ada yang bisa memastikan bahwa tahun 2021 kita kembali normal seperti biasanya. Maka pegiat Sema seluruh PTKIN hari ini harus mengambil peran, menyiapkan berbagai inovasi progam kerjanya, manakala tahun yang akan datang Pandemi Covid-19 ini belum berakhir juga,” tukas dia.

Menyoal pada tema Silatnas kali ini, diruang yang sama, ia juga mengajak kepada para Senat Mahasiswa seluruh PTKIN agar menjadi mitra negara dalam mengimplementasikan moderasi beragama di kampus maupun di masyarakat luas.

“Kita tahu bahwa dunia saat ini sedang melirik pada Islam Indonesia yang damai, toleran dan menjadi rahmat bagi seluruh alam. Untuk itu Senat Mahasiswa merupakan elemen yang seharusnya ambil bagian dan menyuarakan serta memasarkan Islam-Indonesia ke dunia Internasional,”jelasnya

Dikatakan Rektor, Islam agama yang damai, oleh sebab itu salah satu ciri umat yang beragama adalah menjaga dan memelihara perdamaian melalui penguatan moderasi beragama. Moderasi beragama adalah sebuah komitmen untuk mengajarkan kepada ruang-ruang yang ada dalam perbedaan

“Untuk bisa melakukan hal tersebut setidaknya ada beberapa hal yang harus terlebih dahulu kita wujudkan, pengetahuan. Untuk berada ditengah-tengah seseorang harus memiliki pengetahuan yang dalam tentang esensi beragama, melakukan moderasi anda dan kita semua harus mampu mengendalikan emosi dan tidak melewati batas dan berhati-hati dalam setiap tindakan dan perbuatannya”, jelas Rektor

“Tentu langkah-langkah ini menjadi tugas kita bersama, termasuk para Senat Mahasiswa seluruh PTKIN dalam mencegah sikap dan praktek dari paham radikal yang berpotensi menganggu kerukunan antar umat beragama di bangsa ini,” tutup Prof Ilyasin.

Sementara itu, Ketua SEMA IAIN Samarinda dalam sambutannya berharap, agar output Silatnas tersebut terus menjadi stimulus penghimpun aspirasi mahasiswa, sebagai wadah perwakilan mahasiswa tertinggi di kampus dengan fungsinya merumus peraturan organisasi. Lebih lanjut, Rahmi juga menyampaikan ucapan terimkasihnya kepada para panitia atas kerjasamanya sehingga Silatnas tersebut dapat terlaksana.

“Diharapkan kepada semua perwakilan Sema PTKIN agar dapat mengikuti prosesi Silatnas ini hingga dinyatakan selesai, berperan aktif menyumbangkan ide-ide kreatifnya demi keberlangsungan roda forum Sema PTKIN kedepan. Siapapun yang terpilih sebagai koordinator pusat Sema PTKIN nantinya, Insallah Sema IAIN Samarinda siap menjadi mitra dalam menjalankan berbagai program kerjanya kedepan.# humas (id/md)

News Feed