by

Resmi: Dirjen Pendis Kemenag RI Keluarkan SK Tentang Susunan Pengurus Konsorsium Pusat Bahasa PTKIN

-Kegiatan-545 views

SAMARINDA, IAIN NEWS,- Unit Pengembangan Bahasa (UPB) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda melalui Widya Noviana Noor, M.Pd selaku kepala UPB turut hadir dalam pertemuan Konsorsium Pusat Bahasa (KPB) seluruh Indonesia via Zoom Meeting dengan menghadirkan Prof. Dr. Suyitno selaku Direktur Pendidikan Tinggi Kegamaan Islam Dirjen Pendidikan Islam, M. Adib Abdusshomad, Ph.D selaku Kasubdit kelembagaan dan kerjasama Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Dirjen Pendis Kemeneg RI, seluruh kepala Pusat Bahasa se-Indonesia, Mr. Philippe Grange Atase Bahasa Perancis di kedutaan Perancis, Mr. Bradley Horn selaku Directur RELO didampingi oleh Dian. Jum’at (18/12/2020).

Pertemuan Nasional tersebut digelar dalam rangka menyatukan persepsi terkait pembentukan Konsorsium Pusat Bahasa (KPB) dilingkungan Perguruan Tinggi Kegamaan Islam (PTKI) yang baru saja disahkan itu. Dalam pertemuan ini juga dibahas beberapa program kerja serta launching logo KPB dan pengumuman pemenang lomba vlog tiga bahasa antar PTKI

Diketahui, Konsorsium itu lahir atas dasar dorongan kuat dari para kepala pusat bahasa dimasing-masing kampus PTKI. Berkaitan dengan hal tersebut, melalui saluran telepon kepada media ini, Widya menuturkan, keberadaan konsorsium itu telah ada sejak beberapa tahun terakhir, Widya bersyukur kini KPB dinyatakan resmi sebagaimana apa yang tertuang dalam Surat Keputusan (SK) Direktur Jenderal Pendidikan Islam tentang susunan pengurus KPB pusat periode 2020-2024.

“Sebenarnya Konsorsium ini keberadaannya sudah ada sejak dulu, namun kali ini, alhamdulillah keberadaannya sudah diakui melalui SK Nomor 634 yang dikeluarkan Direktur Jenderal Pendidikan Islam,” katanya.

Widya berharap, dengan terbentuknya KPB diharapkan pengembangan bahasa di PTKI pengelolaannya semakin berkualitas dalam melahirkan SDM.

“Keberadaan KPB ini semoga menjadi stimulus bagi setiap unit pusat bahasa masing-masing kampus dan semakin berkualitas terutama dalam memperkaya mitranya antar sesama PTKIN,” harapnya.

Dikatakan Widya, Siti Nurul Azkiya, Ph.D sekaligus Kepala Pusat Bahasa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta terpilih sebagai ketua Konsorsium dengan masa periode 2020-2024 mendatang.#humas (id/md)

News Feed