by

Bakti Sosial, Humas Fasya IAIN Samarinda dan Ormawa Kompak Turun ke Masyarakat

-Mahasiswa-97 views

SAMARINDA, IAIN NEWS,- Dimotori oleh Humas Fakultas Syariah (Fasya) dan Organisasi Mahasiswa (Ormawa) Fasya Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda melakukan tebar kebaikan di masyarakat Kelurahan Simpang Pasir, Kecamatan Palaran Kota Samarinda pada tanggal 25 Desember 2020 lalu.

Bukan kali pertama melakukan kegiatan bakti sosial, Tri Yanu Ramadhani selaku Humas Fasya kepada media ini mengatakan, aksi tersebut sudah berkali dilakukan selama pandemi Covid-19.

“Bukan pengalaman pertama Fasya turun ke masyarakat selama pandemi Covid-19 ini, sebelumnya, kami juga melakukan baksos yang sama beberapa bulan terakhir, hanya saja sasaran penerimanya berbeda-beda, tergantung mana yang sekiranya menjadi rekomendasi warga. Berdasarkan informasi yang kami dapat, Simpang Pasir banyak saudara yang membutuhkan, seperti korban PHK atau pedagang yang terdampak pandemi Covid-19,” tutur dia via telepon.

Saat menyalurkan bantuan, Tri menyebutkan, dirinya senantiasa berkolaborasi dengan pengurus Ormawa Fasya IAIN Samarinda.

“Alhamdulillah selama ini kami selalu bermitra dengan Ormawa Fasya dalam menyalurkan bantuan kepada masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19, khususnya di Simpang Pasir, kali ini turut hadir pengurus Dema dan HMJ serta Maisyarah Rahmi, Ph.D sebagai Dosen Fasya,” sebut Tri.

Selain itu, Humas Fasya yang akrab disapa Tri juga menyebutkan bahwa pihaknya membagikan bahan pokok berupa beras, teh, gula, alat medis dan beberapa keperluan rumah tangga lainnya.

“Kali ini, kami mencoba menyasar warga yang tak jauh dari kampus, kami menyerahkan bantuan tersebut melalui ketua RT saja. Nanti mereka yang akan menyalurkan kepada kepala keluarga yang berhak menerimanya,” ujarnya.

Sementara itu, Maisyarah Rahmi HS., Ph.D., melalui saluran telepon kepada Humas IAIN Samarinda, menyampaikan apresiasinya kepada Humas dan Ormawa Fasya atas ikhtiarnya dalam menyebarkan kebaikan ditengah pandemi Covid-19.

Meski sempat diguyur hujan, Rahmi menegaskan hal itu tidak menyurutkan semangat pihaknya untuk melaksanakan bakti sosial di Simpang Pasir.

“Kami menyampaikan apresiasi Humas Fasya berserta Ormawa Fasya dalam melakukan bakti sosial tersebut, semoga sinergitas seperti itu terus terjalin dilingkungan Fasya terutama dalam melakukan kebaikan kepada masyarakat,” ujarnya.

Diwaktu yang sama, ia juga menuturkan bakti sosial yang digelar Fasya tersebut mendapatkan dukungan penuh dari salah satu narasumber Webinar Internasional yang digelar Fasya beberapa pekan lalu.

“Kami sampaikan terimakasih kepada Imaduddin Balkis, keturunan Palestina yang tinggal di Kanada merupakan narasumber Webinar Internasional Fasya telah menjadi donatur penuh, ia berkeinginan honornya disumbangkan kepada masyarakat melalui Humas dan Ormawa Fasya,” ujarnya.

Maisyarah berharap, bakti sosial yang digelar oleh Fasya IAIN Samarinda tersebut, dapat membantu masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19.

“Apa yang dilakukan teman-teman tersebut semoga bermanfaat, khususnya saudara kita di Simpang Pasir, masih terdapat keluarga yang kurang mampu, penghasilannya menurun, bahkan ada korban PHK dari instansi tempat ia bekerja. Oleh karena itu, kami berharap pandemi Covid-19 ini segera selesai, sehingga masyarakat dapat beraktivitas sebagaimana biasanya,” harapnya. #humas (idris)

News Feed