by

Bangun Citra Positif Lembaga, Humas Fasya IAIN Samarinda Gelar Bimtek Kehumasan

-Kegiatan-99 views

SAMARINDA, IAIN NEWS,- Fakultas Syariah (Fasya) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda sukses menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Kehumasan dengan tema “Pembuatan Teknik Dasar-dasar Desain Pamplet, E-Sertifikat dan Tiger Auto Send Email” bertempat di Aula Fasya Kampus 2 Jl, H.A.M Rifaddin, Harapan Baru, Kecamatan Loa Janan Ilir. Rabu (23/12/2020).

Maisyarah Rahmi HS., Ph.D., mengatakan, kegiatan kehumasan Fasya tersebut bertujuan untuk mengasah skill kalangan mahasiswa. Menurutnya, keberadaan mahasiswa penting untuk diajak kolaborasi dalam membangun citra positif lembaga alias membranding berbagai kegiatan dan sosialisasi Fakultas IAIN Samarinda.

“Kegiatan kehumasan ini perdana, kami sengaja menggandeng mahasiswa sebab branding kelembagaan ini bukan tugas Humas saja, melainkan seluruh stakeholder Fakultas. Oleh karena itu, Humas Fasya mencoba membekali beberapa mahasiswa Fasya tentang tata cara menulis, desain grafis hingga pada strategi branding kelembagaan,” ujar Dosen Fasya itu.

“Kita juga ingin memperkenalkan kepada mahasiswa Fasya khususnya tentang eksistensi kehumasan yang kini menjadi salah satu motor penggerak dari sosialisasi dan publikasi serta hosting kegiatan yang umumnya bertemakan virtual di lingkungan Fakultas Syariah karena dampak dari pandemi covid-19,” tambah Maisyarah selaku koordinator Humas Fasya.

Bimtek kehumasan ini dibuka langsung oleh Wakil Dekan I Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga, Dr. Iskandar, M.Ag., dalam sambutannya ia mengatakan bahwa keberadaan Humas Fasya IAIN Samarinda merupakan komponen penting dalam mensosialisasikan berbagai macam kegiatan kelembagaan di Fasya.

“Humas Fasya bukan hanya bertujuan untuk memberikan informasi seputar Fakultas saja, yang biasa kerap dilakukan melalui media sosial Fasya, namun sekarang harus melebarkan sayap, mengembangkan publikasi melalui konten video dan audio yang bermanfaat untuk masyarakat umum dalam bentuk Podcast Fasya juga konten yang bertemakan Hukum, Peradilan, Webinar,” ujarnya.

Ia juga mengapresiasi Humas Fasya atas publikasi yang telah terintegrasi dengan sistem digital.

“Channel Fakultas Syariah Samarinda Channel yang kini telah memiliki hampir 500 Subscribers dan telah mempublish 73 video dengan rata-rata viewers ratusan kali tonton, ini perlu dipertahankan dan ditingkatkan. Melihat situasi dan kondisi sekarang yang lebih mengacu kepada informasi yang berbasis digital, maka ini merupakan gebrakan baru yang harus terus ditingkatkan untuk kemajuan lembaga IAIN Samarinda dan juga Fakultas Syariah Khususnya,” papar beliau.

Hadir sebagai pemateri, Nur Eko Trisniawan Putra selaku pengurus Humas Fasya dan Fasya Center dengan menjelaskan teknik dasar Corel Draw bersama Humas Fasya dan juga Duta Anti Narkoba Kota Samarinda menyampaikan.

Selanjutnya, pemateri kedua Fernando Risky Hidayat Crew Humas Fasya dan juga Ketua Pusat Kajian Halal memaparkan tentang cara pembuatan e-Sertifikat dan hal penting yang harus diperhatikan ketika membuat e-Sertifikat. Kemudian ditutup dengan pemateri terakhir, yakni Tri Yanu Ramadhani, Ketua Sentra Hak Kekayaan Intelektual dan Crew Humas Fasya. Di penghujung sesi, Ramadhani menjelaskan tentang cara menggunakan Triger dan auto Send email e-sertifikat atau undangan dalam pelaksanaan webinar dan kegiatan yang berbasis daring.

Meski digelar secara offline, kegiatan bimtek tetap menerapkan protokol kesehatan seperti menggunakan masker dan peserta yang terbatas.

Berdasarkan informasi yang terhimpun dari pihak terkait, kegiatan itu disponsori langsung oleh Ustadz Nik Nor Azeah Binti Nik Azman, seorang dosen dari Sultan Zainal Abidin University Malaysia. Ia juga menjadi narasumber pada Webinar Internasional yang dilaksanakan oleh Fasya beberapa pekan lalu dengan mendonasikan seluruh honernya untuk kegiatan Fasya.

“Terima kasih yang tak terhingga disampaikan kepada sahabat saya Ustazah Nik Azeah dari Malaysia, atas donasinya sehingga dapat membantu pelaksanaan kegiatan yang memang tidak masuk dalam anggaran kegiatan. Alhamdulillah, semoga menjadi amal jariyah,” tutup Maisyarah selaku perantara donatur tersebut.#humasfasya (ms/id)

News Feed