by

Sukses Jadi Penulis Religi, Rani Septiani Mahasiswa FEBI IAIN Samarinda Rampungkan 10 Karya Hingga Terbit

-Mahasiswa-265 views

SAMARINDA, IAIN NEWS,- Rani Septiani merupakan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda aktif dalam dunia penulisan hingga menerbitkan tulisan berupa Cerita Pendek (Cerpen) novel inspiratif.

Mahasiswa asal Prodi Ekonomi Syariah itu, kepada Humas IAIN Samarinda mengatakan dirinya telah menerbitkan sepuluh tulisan cerpen novel inspiratif di platform menulis online, yaitu wattpad, satu karya sudah terbit dalam bentuk buku di penerbit Cahaya Publisher melalui penerbit Cahaya Publisher. Karya keduanya pun sudah dipinang oleh penerbit Sky Publisher Sky Publisher maupun pada platform aplikasi Wattpad.

“Alhamdulillah kemarin sempat terbit berjudul Hadirnya Sebuah Rasa, Insyaallah segera terbit yang lain dengan judul Tak Terucap dan Pinta Terakhir, beberapa lainnya dipublikasikan di Wattpad antaranya Diary Sang Bidadari, Tidak Bolehkah Aku Bahagia, Skenario Terindah, Sirrul Qodar, Tunjangan Hari Raya atau Tunangan Hari Raya, Tulisan Hati dan Aksara Cinta,” jelas alumni SMAN 1 Tenggarong itu.

“Wattpad merupakan layanan dalam sebuah sistem website atau aplikasi asal Kanada, disediakan para pengguna untuk mengirimkan sebuah karya tulis berupa artikel, cerpen novel dan lain sebagainya, Alhamdulillah sebagian tulisan saya ada yang terbit dipublikasikan di platform ini,” ujarnya kepada media ini (29/12) via telepon

Menulis dan kuliah, bagi Rani adalah dua pekerjaan mulia yang harus ia jalani dengan tekun setiap harinya.

“Tentu saja tidak mudah, apalagi sekarang sudah berstatus mahasiswa, disamping harus mengikuti proses belajar mengajar secara online, saya juga harus produktif setiap harinya, ya, minimalnya berimajinasi dulu, apa yang harusnya saya tulis hari itu juga,” pungkasnya.

“Ada yang bermitra dengan orang lain, Cerpen novel Skenario Terindah itu kolaborasi bersama teman dari Tasikmalaya mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), kalau untuk yang Sirrul Qodar adalah karya saya bersama teman yang sedang kuliah di universitas Al-Azhar Kairo,” terangnya.

Lebih lanjut, Rani mengaku, menulis cerita inspiratif nuansa religi merupakan kegemaran yang biasa ia lakukan sejak duduk di bangku Sekolah Menengah Atas (SMA) hingga mulai menerbitkan tulisan tahun 2019 lalu. Menulis cerpen novel merupakan cara dia menyampaikan pesan dakwah kepada kaum millenial.

“Ingin menebar kebaikan kepada siapa saja khususnya para millenial, saya menyajikan pesan-pesan religius khususnya dalam menyikapi nilai kehidupan, tentang kebersamaan, persahabatan dan lain sebagainya. Harus dikemas dengan sedemikian rupa karena memang sasarannya adalah teman-teman remaja sehingga harus menggunakan bahasa yang menarik, seperti mengemas kisah cinta remaja,” tutur dia via telepon.

Sebelum menutup perbincangan, dirinya juga berharap apa yang ia sajikan dalam novel tersebut memberikan manfaat kepada para kaum millenial, bijaksana dalam menyelesaikan masalah, sehingga tercipta kepribadian yang islami dari kaum millenial dan menjadi amal jariyah bagi dirinya.

“Semoga beberapa karya yang saya buat dapat memberikan manfaat kepada teman-teman pembaca, menginspirasi dan dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari,” ungkap Mahasiswa semester 1 FEBI IAIN Samarinda itu.#humas (id/mz)

News Feed