by

Songsong Tuan Rumah UI GreenMetric 2021, Rektor Serahkan Tempat Sampah ke Unit Satker IAIN Samarinda

SAMARINDA, IAIN NEWS,- Jum’at pagi, (8/1/2021) Keluarga Besar Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda melaksanakan senam bersama secara perdana di tahun 2021. Bertempat di halaman Rektorat kampus 2 Jl. H. A. M. Rifaddin, Harapan Baru, Kecamatan Loajanan Ilir.

“Kita punya cara tersendiri untuk merawat kebersamaan, Jum’at pagi ini sudah menjadi budaya kita melaksanakan senam pagi, menjaga kebugaran jasmani tepat pada pukul 07.15 WITA, jadi sama sekali tidak mengganggu aktivitas akademika ibu/bapak semuanya,” pungkasnya.

“Alhamdulillah pagi ini, saya juga melihat beberapa wajah baru pegawai kita di IAIN Samarinda. Semoga kedepannya bisa istiqomah mendukung program Jumat sehat ini,” harapan Rektor IAIN Samarinda sambil menyapa para CPNS baru IAIN Samarinda itu.

Selian itu, Prof. Ilyasin juga menyampaikan bahwa tahun 2021 IAIN Samarinda menjadi tuan rumah UI GreenMetric tingkat nasional.

Diketahui, UI GreenMetric merupakan Lembaga Pemeringkatan Kampus Hijau Sedunia yang digagas oleh Universitas Indonesia (UI) Jakarta. Program ini telah melakukan assessment kampus hijau selama sepuluh tahun terakhir dengan total anggota 779 Universitas yang tersebar di seluruh dunia.

Berkaitan dengan hal tersebut, Rektor secara simbolis menyerahkan perlengkapan berupa bak sampah organik dan non organik kepada seluruh Fakultas, Lembaga dan Unit di lingkungan IAIN Samarinda.

“Perhatian terhadap lingkungan ini harus kontinu dan dimulai dari diri kita sendiri. UI GreenMetric jika tidak ada perubahan, Insyallah April mendatang kita menjadi tuan rumah,” ujarnya.

“Saya sampaikan bahwa IAIN Samarinda saat ini berada di peringkat ke-6 PTKIN kampus hijau se-Indonesia, sedangkan untuk seluruh kampus umum, IAIN Samarinda berada di peringkat 55 se-Indonesia,” sebutnya.

Menurut Rektor, mempertahankan prestasi tersebut bukan hal mudah, perlu sinergitas antar stakeholder, fasilitas penunjang untuk mencapai target yang lebih baik.

“Mulai hari ini, kita akan bagikan perlengkapan ini, silakan dimanfaatkan sebagai tempat sampah di lingkungan unit kerja ibu/bapak sekalian. Maka, saya tegaskan bahwa kesadaran harus dibangun dari seluruh fakultas, unit, bahkan kantin yang ada di lingkungan IAIN Samarinda,” tegas Rektor.

“Alhamdulillah saat ini, kita juga sedang membangun pusat pengolahan sampah di pojok kampus, harus dimanfaatkan sebaik mungkin. Saya harap, nantinya tidak ada lagi yang membuang sampah sembarangan, dengan begitu ibu/bapak sudah membantu mereka yang akan mengelola nantinya,” ujarnya.# humas (id/md)

News Feed