by

Jadi Tuan Rumah UI GreenMetric 2021, IAIN Samarinda Bangun Pusat Pengolahan Limbah Kampus

SAMARINDA, IAIN NEWS,- Menjaga kebersihan lingkungan tentu saja menjadi tanggung jawab setiap insan. Dengan lingkungan yang bersih, hidup menjadi sehat sehingga terhindar dari berbagai macam serangan penyakit.

IAIN Samarinda menjadi Kampus Perguruan Tinggi Kegamaan Islam Negeri (PTKIN) yang mewakili Provinsi Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara. IAIN Samarinda tidak hanya dikenal sebagai kampus yang terdepan dalam pengembangan peradaban keislaman, namun juga dikenal sebagai kampus hijau di kancah Nasional hingga Internasional.

Hal tersebut dapat dibuktikan dari peringkat yang dihimpun oleh UI GreenMetric Word University Rangking 2020, menunjukkan bahwa IAIN Samarinda adalah Perguruan Tinggi yang menduduki peringkat ke 5 PTKIN se-Indonesia yang berkomitmen pada penghijauan dan keberlangsungan lingkungan dan peringkat ke 55 seluruh dunia.

Bagi Rektor IAIN Samarinda, baik mempertahankan maupun meningkatkan tentu saja bukanlah hal mudah. Menurutnya, mewujudkan kampus hijau perlu sinergitas, langkah strategis, dan kerja keras yang terukur. Apalagi IAIN Samarinda dipercaya sebagai tuan rumah penyelenggara UI GreenMetric tingkat Nasional Tahun 2021.

Prof. Ilyasin selaku Rektor IAIN Samarinda kepada media ini menyebutkan bahwa pihaknya telah membangun pusat pembuangan sampah dan pengolahan limbah kampus sebagai salah satu langkah konkret menuju tuan rumah UI GreenMetric mendatang.

“Iya, pusat pengolahan limbah itu sudah mulai dibangun, (8/1) sudah mulai pengerukan dan penimbunan menggunakan batu agregat,” katanya saat memantau langsung pembangunan infrastruktur pusat pengolahan limbah. Jum’at (8/1/2021)

Agar pengelolaan sampah lebih maksimal, Guru Besar IAIN Samarinda itu juga menyampaikan, rencananya dalam pengolahan sampah tersebut akan dipilah berdasarkan jenisnya.

“Kita bangun tempat sampahnya dan pengolahan limbahnya, tentu dengan pola yang berbeda-beda, ada yang organik dan non organik, yang pastinya kita siapkan SDM pengelolaannya nanti, sehingga bisa lebih profesional. Bahkan sampah itu diolah dan kembali bermanfaat,” ujarnya dengan optimis.

Lanjutnya, ia berharap keluarga IAIN Samarinda dapat memperkuat prinsip kerjasama dan sama-sama kerja  dibangun mulai dari sekarang.

“Peralatan kebersihan Jum’at kemarin (8/1) sudah dibagikan ke Unit Satuan Kerja dilingkungan IAIN Samarinda. Makanya, komitmen itu harus dibangun, kebersihan lingkungan di unit masing-masing harus dijaga. Itu paling pertama,” ujarnya lagi.

Dengan demikian, Rektor IAIN Samarinda optimis kampus hijau dan bersih mampu dipertahankan dan ditingkatkan.

“Kalau kerjasama itu dibangun, tentu gelar kampus hijau ini dapat ditingkatkan ke yang lebih baik, kesiapan menjadi tuan rumah UI GreenMetric 2021 akan lebih nampak juga kesiapannya,” tuturnya.

Diketahui, Penilaian UI GreenMetric dilandasi atas tiga pilar, yakni lingkungan hidup, ekonomi, dan sosial dengan bobot indikator penilaian yang terdiri atas Keadaan dan Infrastruktur kampus, energi dan perubahan iklim, pengelolaan sampah, penggunaan air, transportasi, serta pendidikan dan riset.#humas(id/rh)

News Feed