by

Lahirkan Kader Baru, Lahar CA UKM GEMPA IAIN Samarinda Sukses Digelar di Desa Pampang

-Mahasiswa-368 views

SAMARINDA, IAIN NEWS,- Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Gerakan Mahasiswa Pencinta Alam (GEMPA) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda sukses menggelar Latihan Dasar Cinta Alam (Lahar CA) ke-21 dengan peserta sebanyak 15 orang dari berbagai Fakultas di lingkungan IAIN Samarinda.

Diketahui, kegiatan tersebut digelar pada tanggal 16 hingga 17 Januari 2021, bertempat di Desa Budaya Pampang, Kecamatan Samarinda Utara. Adapun tema yang diangkat pada Lahar CA tersebut adalah Membentuk kader pecinta alam yang memiliki fisik dan mental yang kuat serta menjunjung tinggi rasa solidaritas.

Informasi yang terhimpun dari pihak terkait, Lahar CA merupakan program kerja jenjang kaderisasi UKM GEMPA yang wajib diikuti kader guna melatih kemampuan diri dan pemahaman dasar bagi setiap anggota baru.

“Agenda ini adalah program lanjutan setelah kami mengadakan kegiatan Seleksi Alam (Selam) kepada seluruh calon anggota baru beberapa waktu lalu,” ujar Ketum Gempa M. Hasan atau akrab di sapa Rubel itu.

Lebih lanjut, melalui kegiatan ini ia berharap para anggota UKM GEMPA nantinya memiliki kemampuan fisik dan mental yang kuat.

“Kegiatan ini adalah sebagai proses pendidikan yang harus ditempuh anggota baru UKM GEMPA IAIN Samarinda agar memiliki skill, teknik, dan materi dasar-dasar kepecinta alaman. Selain itu, output dari kegiatan ini agar para peserta memiliki jiwa solidaritas yang tinggi dan peduli terhadap alam serta organisasi,” harapnya.

Sementara itu, Pembina UKM GEMPA IAIN Samarinda, Rendi Muslim, turut mengapresiasi kegiatan rutinan UKM GEMPA yang diselenggarakan setiap tahun oleh organisasi binaannya tersebut.

Salah satu senior dari UKM GEMPA akrab disapa Bang Suban itu juga menegaskan kepada seluruh anak binaannya agar mereka mampu mengimplementasikan ke dalam roda organisasi terkait materi yang didapatkan selama mengikuti Lahar CA, baik itu pada divisi Mountaineering, Rock Climbing, Caving, dan Search & Rescue.

“Yang lebih pentingnya adalah tidak sekedar seremonial saja, kegiatan tersebut juga harus mampu melahirkan anggota baru yang setia pada organisasinya serta memiliki kesungguhan dalam mencintai lingkungan alamnya,” ujarnya melalui saluran telepon.#humas (id/rh)

News Feed