by

Peduli Bencana Kalsel dan Sulbar, Ormawa IAIN Samarinda Galang Dana Hingga Buka Posko

-Mahasiswa-298 views

SAMARINDA, IAIN NEWS,- Organisasi Mahasiswa (Ormawa) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda yang tergabung dalam aliansi mahasiswa peduli bencana banjir di Kalimantan Selatan dan Sulawesi Barat hingga hari ini, Jum’at (22/1/2021) masih melakukan pengumpulan bantuan bencana di kedua posko, yakni posko yang terdapat di Kampus 1, Jl. KH. Abul Hasan Kota Samarinda dan posko kedua di Kampus 2 Jl. H.A.M Rifaddin Harapan, Loajanan Ilir Samarinda.

Sebelumnya, aliansi peduli bencana tersebut telah melakukan galang dana di beberapa ruas jalan raya Kota Samarinda sejak tanggal 17-20 Januari 2020.

Diketahui aliansi galang dana terbagi dalam dua antara lain  kelompok pertama yang terdiri dari Senat Mahasiswa (Sema-I) dan Dewan Eksekutif Mahasiswa (Dema-I), Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Jam’iyyatul Qurra’ wal Huffadzh (JQH), UKM Olahraga, UKK Pramuka, UKM English Community Organization (ECO), UKM Beladiri, UKM Gerakan Mahasiswa Pencinta Alam (GEMPA) dan UKM Teater IQRO IAIN Samarinda.

Sementara kelompok kedua, terdiri dari Sema dan Dema Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) HMPS Prodi Bimbingan Konseling Islam (BKI), Manajemen Dakwah (MD), Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IAT), Laboratorium Dakwah IAIN Samarinda.

Selain itu, agenda ini juga bekerjasama dengan Ormawa Eksternal, diantaranya Beasiswa Cendekia Baznas 0.2 IAIN Samarinda (BCB 0.2) dan Pusat Informasi Konseling-Remaja Pelita Hati (PIK-R) IAIN Samarinda.

Koordinator lapangan kelompok pertama Wafiq Azizah menuturkan hingga hari ini, (22/1) pihaknya telah mengumpulkan sebesar 13.050.000,- dari berbagai donatur.

“Alhamdulillah sampai sekarang bantuan itu terus berjalan, beberapa masyarakat turut menyumbangkan pakaian bekas layak pakai, perlengkapan bayi, obat-obatan dan peralatan medis. Hasil donasi akan kami Koordinasi kemudian dengan pihak lembaga terkait mekanisme penyaluran tersebut di kedua Provinsi,” ujarnya saat ditemui oleh media ini.

Di tempat yang berbeda, Muhammad Ainul Rizal sebagai ketua kelompok kedua menuturkan bahwa ia bersama timnya menggunakan dua metode yaitu offline dan online.

“Kita melaksanakan galang dana dengan dua metode, offline dan online. Offline-nya kami bersama-sama turun ke berbagai titik Lampu Merah dan Pasar yang berada di Samarinda serta di tempat-tempat yang ramai pengunjung untuk mengumpulkan donasi dan menyediakan Posko Bantuan Bencana di Lab. Tafsir El-Mumtaz untuk menerima bantuan non-uang berupa sembako dan pakaian. Sedangkan untuk metode onlinenya kami membuat pamflet untuk disebarkan secara online yang didalamnya memuat ajakan untuk berdonasi dan menyertakan nomor rekening untuk menyalurkan donasi,” ungkapnya.

Rizal juga menjelaskan tujuan agenda Galang Dana yang ia lakukan bersama kawan-kawan mahasiswa FUAD adalah sebagai bentuk simpati terhadap masyarakat yang terkena musibah di Kalimantan Selatan dan Sulawesi Barat.

“Tujuan kami melakukan Galang Dana untuk membantu saudara-saudara kami yang saat ini sedang tertimpa musibah bencana alam tepatnya bencana banjir yang terjadi di Kalimantan Selatan dan Gempa Bumi di Sulawesi Barat,” ujarnya.

Koordinator Lapangan, Feilani menjelaskan persiapan Galang Dana yang dilakukan oleh timnya untuk memotivasi masyarakat peduli dan memberikan tanda terimakasih akan kepedulian mereka.

“Agenda Galang Dana dilanjutkan kembali pada tanggal 18 Januari 2021 setelah mempersiapkan perlengkapan seperti banner untuk mengajak masyarakat peduli dan stiker juga makanan ringan yang dibagikan kepada masyarakat sebagai ucapan terimakasih karena sudah berdonasi. Tak lupa ketika turun ke jalan, kami dan kawan-kawan lainnya tetap mematuhi Protokol Kesehatan yang ada, yaitu dengan menggunakan masker dan menyediakan hand sanitizer,” imbuhnya.

Bendahara agenda Galang Dana, Maulina Lukmatul Sha’adhah menerangkan hasil kumpulan dana bantuan yang diperoleh selama 4 hari kepada tim media.

“Selama 4 hari melakukan Galang Dana, alhamdulillah kami berhasil mengumpulkan donasi sebesar Rp. 23.350.000,”

Ketua agenda Galang Dana menyatakan terimakasih atas partisipasi timnya dalam mengumpulkan donasi dan masyarakat yang telah bersedia mendonasikan sebagian rezekinya untuk saudara yang tertimpa musibah.

Ia juga mengungkapkan bahwa hasil galang dana ini akan segera disalurkan kepada yang membutuhkan dan berharap akan lebih banyak komponen dan mahasiswa IAIN Samarinda yang meneruskan kegiatan amal peduli.

“Terimakasih atas partisipasi kawan-kawan dan antusias masyarakat yang ingin membantu korban bencana.

Harapannya semoga saudara-saudara kita yang ada di sana dapat terbantu dengan adanya hasil galang dana yang akan kita salurkan segera. Saya juga berharap, semoga akan lebih banyak komponen yang terlibat dan mahasiswa IAIN Samarinda dapat terus melakukan kebaikan.” tutupnya.#humas (rh/id)

News Feed