by

Hari Ini Pemira IAIN Samarinda Berlangsung Online

-Mahasiswa-226 views

SAMARINDA, IAIN NEWS,- Dampak Pandemi Covid-19 memicu Pesta Demokrasi Mahasiswa alias Pemilu Raya (Pemira) di lingkungan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda harus diselenggarakan dengan model virtual.

Sementara itu, Pusat perhelatan Pemira virtual tersebut bertempat di Kantor Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (TIPD) kampus 2 IAIN Samarinda, Jl. H.A.M Rifaddin Harapan Baru, Loajanan Ilir, Senin (25/1/2021).

Diketahui, Pemira merupakan perhelatan tahunan mahasiswa dalam rangka menentukan calon pemimpin mahasiswa selama satu tahun mendatang. Di tingkat Institut dan Fakultas dikenal sebagai Dewan Eksekutif Mahasiswa (Dema), di lingkungan jurusan adalah Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ), dan di lingkungan Progam Studi Himpunan Mahasiswa Progam Studi (HMPS).

Linda Mulyani selaku ketua KPUM IAIN Samarinda kepada media ini menuturkan bahwa pelaksanaan Pemira virtual via Zoom Meeting tersebut digelar secara serentak dengan pengawasan yang cukup ketat seperti verifikasi data KTM calon pemilih oleh host dan co-host.

Lebih lanjut, Mahasiswa Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah itu juga menjelaskan mekanisme Pemira virtual adalah dengan sistem yang terjadwal sesuai angkatan mahasiswa.

“Prosesinya sedang berlangsung, sebelumnya kami dari KPUM IAIN Samarinda juga menyiapkan tim ahli IT untuk melakukan pendampingan dari awal hingga selesai nanti sebagai antisipasi jika ada kendala atau gangguan sistem,” jelas Linda Mulyani selaku Ketua KPUM IAIN Samarinda saat dimintai keterangan oleh Humas IAIN Samarinda.

“Konsep pemilihannya berdasarkan angkatan dan terjadwal, setelah calon pemilih memasuki zoom meeting, mereka diabsen oleh pengawas sambil menunjukkan Kartu Tanda Mahasiswa, selanjutnya mereka akan dialihkan ke menu dan secara otomatis bisa memilih Paslon tanpa diketahui pengawas,” jelasnya lagi.

Meski begitu, Linda berharap agar pesta demokrasi mahasiswa IAIN Samarinda berjalan dengan lancar, aman, transparan, jujur, adil, demokratis, dan melahirkan pemimpin yang amanah. 

“In syaa Allah prosesi akan berlangsung hingga menjelang sore nanti, dan akan diadakan perhitungan suara, kemudian melalui sidang pleno diumumkan perolehan suara masing-masing Paslon. Kami berharap agar seluruh mahasiswa aktif IAIN Samarinda dapat menggunakan hak suaranya masing-masing,” tukas Linda.#humas (id/md)

News Feed