by

IAIN Samarinda Utus Mahasiswa Salurkan Bantuan Bencana di Kalsel dan Sulbar

-Mahasiswa-202 views

SAMARINDA, IAIN NEWS,- Sebanyak 17 mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda terbang ke lokasi bencana Kalimantan Selatan (Kalsel) dan Sulawesi Barat (Sulbar). Keberangkatan tersebut dalam rangka untuk menyalurkan bantuan yang berasal dari donatur Sivitas Akademika IAIN Samarinda dan aksi galang dana yang digelar oleh aliansi mahasiswa IAIN Samarinda peduli bencana sebesar 62.030.000.

Berdasarkan informasi yang terhimpun dari pihak terkait, tim Peduli Bencana berangkat pada tanggal 27 Januari hingga 3 Februari 2021. Terbagi dalam dua zona kejadian bencana, yakni zona Sulbar yang terdiri dari perwakilan Organisasi Mahasiswa (Ormawa) Kampus 1, bertempat di Jl. KH. Abul Hasan Samarinda, dan zona Kalsel dari Ormawa Kampus 2, Jl. H.A.M. Rifaddin Harapan, Loajanan Ilir.

“Kalau tim Kalsel alhamdulillah sejak kemarin (31/21) sudah meninggalkan lokasi bencana, terlebih dahulu dananya kami belanjakan sesuai kebutuhan masyarakat di sana,” jelas Wafiq Azizah, koordinator lapangan Peduli Bencana saat ditelepon oleh Humas IAIN Samarinda.

Sebelumnya, Ketum dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Jam’iyyatul Qurra’ wal Huffadzh (JQH) itu juga menerangkan, bahwa pihaknya telah melakukan koordinasi dengan lembaga kampus Universitas Islam Negeri (UIN) Banjarmasin dalam rangka melakukan pendataan sehingga bantuan dapat tepat sasaran.

“Ada beberapa titik yang jadi fokus kami, yakni di Berabai, Muarabahan, bahkan puluhan mahasiswa UIN Banjarmasin kami data untuk diberikan bantuan. Semoga bisa meringankan bebannya.” Harapnya.

Sementara itu, Koordinator lapangan zona Sulbar menjelaskan pihaknya melakukan koordinasi bersama beberapa kampus Perguruan Tinggi Kegamaan Islam Negeri (PTKIN) yang kemudian di himpun oleh Sekolah Tinggi Islam Negeri (STAIN) Majene.

“Sebelumnya STAIN Majene menyediakan posko khusus, sehingga kami nyatu dengan teman-teman dari beberapa PTKIN lainnya, adapun yang disalurkan berupa makanan, peralatan bayi, beberapa alat medis, dan kebutuhan masyarakat lainnya,” jelas Herman via telepon.

Dr. H. M. Abzar Duraesa, M.Ag. Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Alumni dan Kerjasama mengapresiasi semangat kebersamaan keluarga besar IAIN Samarinda dalam menaruh perhatian kepada korban bencana.

“Kami merasa bangga melihat semangat mahasiswa IAIN Samarinda sajak penggalangan dana di ruas-ruas jalan hingga terjun langsung ke lokasi bencana. Ini membuktikan semangat persatuan ada di tengah-tengah kita.” Ujarnya usai melepas kedua tim bertempat di halaman Masjid Sultan Aji Muhammad Idris, Kampus 2 IAIN Samarinda.

Berkenaan dengan hal tersebut, Rektor IAIN Samarinda Prof. Dr. H. Mukhamad Ilyasin, M.Pd. menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada para donatur di lingkungan IAIN Samarinda dan masyarakat setempat yang telah menyisihkan sebagian rezekinya untuk para korban bencana di kedua Provinsi tersebut.

“Semoga apa yang disumbangkan dapat membantu dan meringankan beban masyarakat yang terdampak bencana di Kalsel dan Sulbar.” Pungkasnya.#humas (id/rh)

News Feed