by

Sambut Semester Genap 2021, FTIK IAIN Samarinda Gelar Bimtek Perkuliahan

SAMARINDA, IAIN NEWS,- Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda mengadakan pengarahan perkuliahan semester genap tahun ajaran 2020/2021 secara daring pada tanggal 10 Februari 2021 kepada para Dosen FTIK IAIN Samarinda.

Dekan FTIK IAIN Samarinda, Dr. Much. Eka Mahmud, M.Ag. memberikan sambutan kepada para Dosen FTIK yang telah bergabung di Zoom.

“Selamat datang di FTIK. Dalam rangka menyambut perkuliahan semester genap, penjelasan secara teknis perkuliahan akan disampaikan langsung oleh Ibu Wakil Dekan I, Dra. Etty Nurbayani, M.Pd,” sambut Dekan.

Dekan FTIK itu juga mengingatkan kepada para Dosen pengampu mata kuliah agar setiap permasalahan dalam proses pembelajaran hendaknya segera berkoordinasi dengan jurusan dan program studi.

“Ketika ada kendala pembelajaran dan ingin mengubah jadwal, para Dosen perlu konsultasi dan koordinasi dengan jurusan dan prodi masing-masing.” Imbuhnya.

Di akhir sambutannya, ia mengutarakan harapan agar Dosen FTIK IAIN Samarinda dapat lebih fleksibel dan ikhlas dalam mengajar.

“Harapan dari kami, di masa pandemi ini pembelajaran online sangat mengandalkan jaringan, mohon kepada para Dosen untuk dapat lebih ikhlas dan fleksibel dalam mengajar dengan mengalihkan pembelajaran ke WhatsApp atau diberi penugasan lain agar pembelajaran tetap berlangsung dengan baik,” harapnya.

Setelah itu, Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga, Dr. Muhammad Nasir, M.Ag. mengungkapkan bahwa pengarahan perkuliahan ini sebagai jalan silaturahmi dan pengingat indikator kinerja.

“Agenda hari ini sebagai silaturahmi dan sarana untuk mengingatkan kemballi indikator kinerja utama dari Standar Nasional Pendidikan Tinggi,” ungkapnya.

Ia juga menjelaskan beberapa poin dari Standar Nasional Pendidikan Tinggi yang perlu diperhatikan, diantaranya:

Pertama, pemenuhan prinsip-prinsip perkuliahan. Proses perkuliahan ada tiga, transmisi, transaksi, dan transformasi. Transformasi ini sangat ideal, karena dosen sebagai pengarah sedangkan mahasiswa akan aktif dan kritis dalam pembelajaran.

Kedua, pemenuhan aspek perencanaan perkuliahan, atau yg dikenal sebagai RPS. Update referensi, ada perkembangan informasi dan kompetensi, jadi terus berkembang meskipun dengan mata kuliah yang sama.

Ketiga, pelaksanaan perkuliahan, seperti waktu. 1 sks 50 menit, 2 sks 100 menit. Namun, dalam situasi pandemi ini bisa memberikan pengurangan namun di zoomnya, ketika lanjut di WhatsApp tetap perlu dijaga agar standar waktu tetap terpenuhi. Perlu melihat karakteristik juga dan menyesuaikan model mengajarnya, dengan humanistik, sosial, atau behavioristik.

Keempat, penilaian perkuliahan, ada proses dan hasil. dalam proses bisa dinilai dari tugas, kegiatan kolaborasi. Akan lebih baik, jika setiap dosen memiliki analisis hasil perkuliahan untuk evaluasi secara individual,”ungkapnya.

Dr. Muhammad Nasir, M.Ag. menyampaikan harapannya kepada para Dosen Penasehat di FTIK IAIN Samarinda agar lebih interaktif kepada mahasiswa bimbingannya.

“Harapannya, ketika sesi program KRS, bapak/ibu Dosen penasehat tidak hanya menyetujui KRS namun juga turut memberikan nasehat, interaksi edukatif tentang nilai-nilai spiritual sebagai tagihan capaian lulusan dalam penguatan sikap spiritual.” Pungkasnya.

Agenda inti dalam Pengarahan Perkuliahan Semester Genap Tahun 2020/2021 ini dipaparkan oleh Wakil Dekan I FTIK IAIN Samarinda, Dra. Etty Nurbayani, M.Pd. Ia menyampaikan beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh Dosen sebelum proses pembelajaran berlangsung.

“Persiapan perkuliahan nanti perlu user untuk mengakses SIAKAD dan barcode. Sistem perkuliahan masih menggunakan Zoom karena pandemi belum berakhir, jadi pembelajaran akan diberikan user untuk Zoom. Diberikan juga kebebasan kepada para Dosen untuk mengembangkan RPS dan aplikasi penunjang pembelajaran. RPS disiapkan dan diupload di SIAKAD dan menyesuaikan formatnya agar seragam dan sesuai dengan SOP di FTIK IAIN Samarinda.” Jelasnya.

Diketahui Perkuliahan Semester Genap akan dimulai pada tanggal 15 Februari s.d. 18 Juni 2021 dengan 16 kali pertemuan. Wakil Dekan I FTIK itu juga menegaskan bahwa UTS akan dilaksanakan pada pertemuan ke-8 dan dalam input nilai akhir akan ada empat aspek, yaitu: kehadiran, tugas, UTS, dan UAS. Semua aspek harus terpenuhi dengan aturan yang telah ditentukan,” tutupnya.#humas (rh/id/md)

News Feed