by

Penyamaan Persepsi, Fasya IAIN Samarinda Gelar Pertemuan dan Sosialisasi Perkuliahan Semester Genap 2021

-Berita-242 views

SAMARINDA, IAIN NEWS,- Fakultas Syariah (Fasya) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda gelar pertemuan secara virtual bersama dengan dosen pengampu mata kuliah semester genap tahun akademik 2020/2021. Kamis (11/2/2021)

Pertemuan virtual tersebut dalam rangka menyamakan persepsi dan sosialisasi perkuliahan semester mendatang kepada 52 dosen dan tenaga kependidikan dilingkungan Fasya IAIN Samarinda.

“Selamat datang seluruh dosen Fakultas Syariah IAIN  Samarinda di virtual meeting kita pada hari ini, semoga selalu dalam keadaan sehat dan tidak kurang suatu apapun, sehingga dapat melaksanakan kewajiban mengajar mata kuliah yang diampu pada semester genap ini,” sambut Dr. Iskandar, M.Ag selalu Wakil Dekan bidang Akademik Fakultas Syariah.

“Perkuliahan semester genap akan dimulai Senin 15 Februari 2021, maka diharapkan semua dosen sudah mempersiapkan segala kelengkapan mengajar meliputi, RPS, akun siakad bagi yang baru, serta memastikan sudah mengunduh aplikasi Saku Dosen Untuk proses barcode absen dan pengisian jurnal perkuliahan, semoga semester ini dapat berjalan dengan baik walaupun masih harus ditempuh secara daring,” Jelas Dr. Iskandar.

Sementara itu, Kasubag Akademik Fasya H. Khairuddin, S.Ag kolaborasi para kaprodi Fakultas Syariah IAIN Samarinda yaitu Akhmad Sofyan, S.H.I., M.H selalu kaprodi Hukum Keluarga (HK) yang menjelaskan tentang Persiapan Perkuliahan meliputi persiapan RPS, kontrak belajar, proses barcode dan ketentuan penginputan RPS melalui SIAKAD. sesi selanjutnya disampaikan pula materi tentang Mekanisme Pelaksanaan Perkuliahan yang disampaikan oleh Maisyarah Rahmi HS, Lc., M.A., Ph.D kaprodi Hukum Ekonomi Syariah (HES), pada kesempatan ini ia menyampaikan tentang mekanisme kontrak belajar, metode perkuliahan online, media Pembelajaran Online dan Mekanisme pelaksanaan kuliah online di Fakultas Syariah.

Dilanjutkan Dewi Maryah, S.H., M.H selaku kaprodi Hukum Tata Negara, ia menjelaskan tentang sistem penilaian yang berlaku di Fasya, dari segi komponen apa saja yang dinilai, dan yang harus dilaporkan setelah usai perkuliahan

Terakhir, Nur Syamsi, M. Pd Kepala UPM Fasya, ia menjelaskan bagaimana cara melaporkan hasil perkuliahan dan juga beban kerja dosen yang harus dikumpulkan secara online melalui aplikasi google Classroom.

Dari pantauan media ini, peserta sangat antusias mengikuti kegiatan ini, terlebih setelah pemaparan materi moderator acara ini yaitu Yanti Haryani, S.H.I., M.H memberikan kesempatan untuk para dosen menyampaikan pertanyaan, saran dan juga masukan untuk menunjang kesuksesan perkuliahan semester genap 2020/2021.

Diantara saran dan masukan yang disampaikan adalah tentang kelengkapan nomor kontak dosen yang hendaknya disebarkan kepada kosma, sehingga kosma dapat menghubungi dosennya, kesepakatan batas minimal kehadiran untuk mengikuti ujian akhir semester, pembuatan RPS, dan juga sistem pengumpulan laporan.

“Antusiasme para dosen dan semua pihak sangat terlihat pada virtual meeting ini, kami dari prodi sangat berharap semoga ini bertanda baik bahwa semua pihak sangat bersemangat untuk mensukseskan perkuliahan semester genap, semoga semuanya  berjalan baik tanpa ada rintangan dan semoga selalu sehat dan dalam lindungan Allah. Amien. ” Lapor Maisyarah Rahmi HS, Lc., M.A.,Ph.D selaku host pada pertemuan ini.

Diketahui Kegiatan virtual meeting ini diselenggarakan live melalui aplikasi zoom dan juga live youtube pada channel Fakultas Syariah Samarinda.#humasfasya (msyrh/id)

News Feed