by

Wujudkan Kampus Berwawasan Lingkungan , IAIN Samarinda Bangun Pusat Pengelolaan Limbah

SAMARINDA, IAIN NEWS- Kampanye dan sosialisasi terkait dengan Program Kampus Berwawasan Lingkungan ini sudah direncanakan oleh Rektor dan para pimpinan sejak IAIN samarinda didirikan dengan konsep “Kampus Hijau”. Atas upaya tersebut, pada Tahun 2020 IAIN Samarinda menempati rangking Top ke-6 Tingkat PTKIN dan pada Tahun 2021 didaulat sebagai Tuan Rumah lokakarya UI GreenMetric PTKIN se-Indonesia.

Program ini dapat terlaksana dengan baik apabila mendapat dukungan seluruh komponen yang ada dengan menumbuhkan kesadaran warga kampus untuk menjaga kebersihan lingkungan diantaranya dengan membuang sampah pada tempatnya. Tidak hanya itu saja, Rektor juga mengingatkan akan pentingnya memiliki kebiasaan memisahkan jenis sampah organik dan anorganik sehingga memudahkan dalam pengelolaanya. Lembaga juga sudah menyediakan sarana dan prasarana tempat sampah untuk jenis yang berbeda pada setiap gedung dan tempat-tempat tertentu, tenaga pengolahnya juga sudah siap bekerja, sehingga tidak ada alasan lagi untuk tidak mendukung program ini, dimulai dari diri sendiri dari tempat kerja masing-masing, dan wujudkan secara bersama-sama. Hal tersebut disampaikan oleh Rektor , Prof.Dr. H. Mukhammad Ilyasin, M.Pd., pada apel Jum’at pagi (19/2/2021).

“Dukungan dari semua unit untuk memisahkan antara sampah organik dan anorganik agar memudahkan petugas pengolahan sampah dalam melaksanakan tugasnya.” Sampah sudah dipisahkan sesuai jenisnya ditempatkan pada kantong-kantong plastik yang disiapkan oleh tenaga kebersihan pada masing-masing unit kerja untuk dikirim dan ditampung di Pusat Pengolahan/Pengelolaan Limbah yang berada di Kampus 2 IAIN Samarinda.

Sampah anorganik seperti plastik, kertas, dan kardus rencananya akan diolah menjadi bentuk biji plastik dan potongan kertas. Biji plastik dan potongan kertas kemudian dapat dikirim ke pabrik pembuatan plastik dan kertas daur ulang. Hal ini tidak hanya dapat mengurangi timbunan limbah sampah anorganik, namun juga menghasilkan nilai komersil yang lebih bermanfaat. Tentunya perlu pengawasan dan kontrol dari pejabat yang berwenang/yang ditunjuk terkait pemusnahan dokumen dan harus didukung dan disediakan mesin penghancur kertas dan plastik.

Sampah organik yang kebanyakan terdiri dari daun dan ranting kering serta sisa makananan yang dihasilkan dari warga kampus dan kantin diolah dengan cara dicampur dengan kotoran ternak sapi dan kambing yang dipelihara berdekatan dengan tempat pengolahan limbah ini. Kombinasi antara sampah organik dan kotoran ternak ini dapat menghasilkan pupuk organik yang berkualitas. Pupuk organik yang dihasilkan dari pengolahan limbah ini dapat dimanfaatkan untuk pupuk tanaman di lingkungan kampus. Harapan dari produksi pupuk organik ini apabila nantinya bisa dikembangkan dalam jumlah besar akan menghasilkan nilai tambah secara komersial yang bisa dimanfaatkan untuk pengembangan program kampus berikutnya.

Pemeliharaan sapi dan kambing di lingkungan pusat pengelolaan limbah ini sangat dimungkinkan, mengingat cukupnya persediaan pakan ternak berupa rumput liar yang tumbuh di sekitar kampus maupun yang ditanam secara khusus. Dengan adanya ternak sapi dan kambing rumput bisa dikendalikan pertumbuhannya untuk pakan ternak yang dipelihara sehingga hubungan antara Pengolahan limbah dan Pemeliharaan ternak sapi dan kambing dapat seiring dan sejalan serta saling menguntungkan dan berkelanjutan .

Perpaduan antara Pengolahan limbah dan Pemeliharaan hewan ternak ini berupa pupuk organik dapat dijadikan uji coba dan penjajagan untuk pengembangan usaha yang lebih besar dan maju serta dapat dijadikan langkah awal pengembangan program studi yang bersifat umum kedepannya. Pembangunan fasilitas Pusat pengolahan limbah ini merupakan langkah awal dari IAIN Samarinda untuk mengolah sampah dengan lebih teratur dan profesional, tidak hanya sebagai anggota UI GreenMetric, namun juga sebagai tanggung jawab bersama untuk mewujudkan lingkungan yang berkelanjutan, bersih, nyaman, dan asri serta nilai tambah yang lebih bermanfaat.

News Feed