by

5 Alumni Fakultas Syariah Dilantik Jadi Advokat Wilayah Pengadilan Tinggi Kalimantan Timur

SAMARINDA, IAIN NEWS,- Dekan Fakultas Syariah IAIN Samarinda, Dr. Bambang Iswanto, MH.I. menghadiri pelantikan Dewan Pengurus Wilayah Asosiasi Pengacara Syariah Indonesia (DPW APSI) Kalimantan Timur untuk periode 2021-2026 di Hotel Diamond Samarinda pada hari Kamis tanggal 4 Maret 2021.

Ketua Panitia Pelaksanaan Pelantikan, Fardy Iskandar SH, MH, CM, CLA sekaligus Dosen Luar Biasa Fakultas Syariah IAIN Samarinda turut menghadirkan Dr. Sutrisno, S.Ag., SH., MH. yang menjabat sebagai Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Asosiasi Pengacara Syariah Indonesia (DPP APSI) dan Drs. HM. Andreas Y Sutrisno, SH., MH. yang menjabat sebagai Ketua DPW APSI Kaltim periode 2015-2020.

“Program kerja APSI Kaltim diantaranya dalam waktu dekat ini akan melaksanakan pendidikan advokat, dengan sasaran pesertanya adalah para sarjana hukum. Tujuan dari program tersebut, yaitu mempersiapkan bekal bagi lulusan sarjana hukum yang memiliki keinginan kuat untuk menjadi pengacara” tutur Fardy.

Bersamaan dengan pelantikan DPW APSI Kaltim, Drs. HM. Andreas Y Sutrisno, SH., MH. juga melantik 5 DPC APSI Kaltim periode 2020-2024 yang diantaranya meliputi Samarinda, Kutai Kartanegara (Kukar), Balikpapan, Penajam Paser Utara (PPU) dan Berau.

Sementara itu, Dr. Sutrisno, S.Ag.. S., MH. dalam sambutannya menyampaikan bahwa pengacara syariah yang mayoritas merupakan lulusan dari Fakultas Hukum Syariah di Perguruan Tinggi Islam termasuk IAIN Samarinda yang diharapkan mampu meningkatkan citra dari Perguruan Tinggi Islam, sehingga perlu adanya latihan sertifikasi kompetensi bagi dunia seprofesi dari tiap pengacara, khususnya mereka yang bergabung di APSI.

Selain melaksanakan pelantikan, kegiatan diikuti dengan acara pengangkatan advokat kepada 13 Sarjana Hukum Syariah yang telah melalui proses tahapan pendidikan dan pelatihan profesi advokat (PPPA), Ujian Profesi Advokat (UPA) yang bekerja sama dengan Fakultas Syariah IAIN Samarinda, pemagangan dan pengambilan sumpah janji advokat dilakukan oleh ketua DPP APSI dan Pengadilan Tinggi Samarinda.

Dari 13 advokat yang dilantik, 5 diantaranya merupakan alumni IAIN Samarinda yaitu, Kamsiah, SH., MH, Alfia Mardhiyaty, SH, Aromatica Jayawinata Heryanto, SHI, Novan Halim, SHI, M. As’ad, SHI.

News Feed