by

KPwBI Kaltim Gandeng FEBI IAIN Samarinda Gelar Webinar Ekonomi dan Keuangan Syariah

-Berita-187 views

SAMARINDA, IAIN NEWS,-, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda, Dr. Hj. Darmawati, M.Hum menjadi salah satu narasumber pada webinar Edukasi Ekonomi dan Keuangan Syariah 2021 di Kota Samarinda yang diselenggarakan Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KpwBI) bekerjasama dengan FEBI IAIN Samarinda. Sabtu (27/2/2021).

Dalam paparannya, pimpinan FEBI akrab disapa Darmawati tersebut menjelaskan terkait sistem ekonomi dan keuangngan syariah. Menurutnya, tahun 2021 merupakan satu momentum signifikan untuk membangun ekonomi syariah yang berdaya tahan di masa depan.

Untuk memperkuat ekonomi syariah di Tanah Air, langkah pemerintah saat ini ialah dengan menggabungkan tiga kekuatan bank syariah terbesar di Indonesia.

“Satu alasan kenapa Kampus FEBI IAIN Samarinda terus mendorong literasi ekonomi dan keuangan syariah, karena akan menjadi ujung tombak dalam membangun dan memperbesar sistem ekonomi syariah di Indonesia,” tuturnya.

Lebih lanjut, Dekan FEBI menambahkan, masih banyak ruang yang harus bersama-sama diisi untuk meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai ekonomi dan keuangan syariah.

“Itulah mengapa, Bank Sentral perlu terus memaksimalkan kegiatan-kegiatan literasi ekonomi dan keuangan syariah agar masyarakat bisa semakin paham mengenai kekuatan dan keuntungan ekonomi syariah.
Sebab semakin tinggi tingkat pemahaman masyarakat maka semakin besar ekosistem, industri, hingga investasi berbasis syariah yang terbentuk, sehingga ekonomi dan keuangan kita bisa semakin maju,” tuturnya.

Sebelumnya Webinar tersebut dibuka langsung oleh Rektor IAIN Samarinda Prof. Dr. H. Mukhamad Ilyasin, M.Pd dalam sambutannya ia menyampaikan apresiasi atas kesinergitasan antara IAIN Samarinda dengan Bank Indonesia (BI) terutama dalam meningkatkan literasi keuangan syariah di Kalimantan Timur.

“Kami ucapkan banyak terimakasih pada Bank Indonesia yang menjadi mitra terbaik untuk IAIN Samarinda. Kami berharap, kerjasama ini akan terus terjalin untuk bersama-sama membangun Provinsi Kaltim agar perekonomian daerah semakin membaik, walaupun di tengah Pandemi Covid19,” ucapnya.

Webinar tersebut juga turut menghadirkan Deputi Direktur Departemen Ekonomi Syariah BI, Irfan Sukarna, yang memaparkan Edukasi Terkait Arah dan Kebijakan Ekonomi Syariah Bank Indonesia (DEKSI), Wakil Dekan I FEBI, Dr. H. Moh Mahrus, M.Hi, dengan materi Optimalisasi Peran Wakaf dalam Membangun Ekonomi Umat, dan Wakil Dekan II, Bapak Akhmad Nur Zaroni, M.Ag. yang menjelaskan tentang Cash Waqf Linked Sukuk.

Sementara itu, selaku moderator, Dosen IAIN Samarinda, Angrum Pratiwi, ME dan diikuti oleh 520 peserta dari mahasiwa IAIN Samarinda dan berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia. #humas (yn/id)

News Feed