by

Webinar Series II, Hukum Ekonomi Syariah IAIN Samarinda Undang Pakar Filsafat IAI Sahid Bogor

SAMARINDA, IAIN NEWS, – Setelah sukses selenggarakan Webinar Series I pekan lalu, Program Studi Hukum Ekomomi Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda selenggarakan Webinar Series II dengan mengundang pakar filsafat, Dr. Tgk. H. Zulfikar Ismail, Lc., M.A. yang saat ini menjabat sebagai Wakil Dekan FTIK IAI Sahid Bogor. Kamis (25/3/2021).

Dekan Fakultas Syariah Dr. Bambang Iswanto, M.H. hadir secara virtual untuk membuka dan menyambut hangat narasumber dan peserta yang bergabung dalam Webinar Series II.

“Terima kasih kepada pemateri kita hari ini, Dr. Tgk. H. Zulfikar Ismail, Lc., M.A, beliau adalah lulusan doktor aqidah filsafat Ezouituna University Tunisia, syukran karena sudah meluangkan waktu di sela-sela kesibukannya berbagi ilmu dengan kami di webinar series kedua yang dilaksanakan oleh prodi Hukum Ekonomi Syariah. Beliau ini sangat pakar di bidang filsafat, tentu ilmunya nanti sangatlah bermanfaat untuk kita semua, semoga semua peserta dapat mengikuti kegiatan ini sampai tuntas.” Sambut Dekan Fasya itu.

Webinar Series II menghadirkan Dr. Tgk. H. Zulfikar Ismail, Lc., M.A. dengan membahas tema menarik tentang “Filsafat Hukum Ekonomi Syariah dan Hak Kekayaan Intelektual”. Dimoderatori oleh Ustadz Muhammad Idzhar, Lc., M.H. yang merupakan Dosen Fakultas Syariah IAIN Samarinda dan disambut antusias oleh sebanyak 100 peserta mengikuti via zoom dan 211 via live streaming channel YouTube Fakultas Syariah IAIN Samarinda.

Dr. Tgk. H. Zulfikar Ismail menjelaskan bahwa filsafat menjadi salah satu jalan untuk mengkaji teks-teks keagamaan agar dapat dipahami oleh masyarakat umum, termasuk ekonomi syariah.

“Filsafat adalah metode mengkaji sesuatu yang bersifat abstrak dan tidak difahami atau merasionalkan persoalan-persoalan untuk dapat diterima oleh akal manusia.”

“Begitu pula dalam pemikiran hukum Islam filsafat berlandaskan pada teks-teks keagamaan dalam Islam untuk mendeskripsikan pandangan tentang alam, manusia dan kehidupan. Betapa filsafat sangat penting untuk dipelajari. Karena dengan ilmu ini. Hal hal yang abstrak dapat kita fahami.”

News Feed