by

IAIN Samarinda Lepas Wisudawan 2021 Secara Drive Thru, Rektor Ajak Alumni Perkuat Kompetensi Diri

-Kegiatan-373 views

SAMARINDA, IAIN NEWS,- Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda kembali menggelar Sidang Senat terbuka dalam rangka Wisuda Sarjana S-1 XXXIV dan Magister S-2 X dengan model Drive Thru, bertempat di depan Auditorium 22 Dzulhijjah Kampus 2 IAIN Samarinda, Jl. H.A.M. Rifaddin Harapan Baru Loajanan Ilir. Rabu (31/3/2021)

Sebagaimana yang terpantau oleh media ini, prosesi wisuda dengan model Drive Thru tersebut para wisudawan menggunakan kendaraan masing-masing menuju panggung pemindahan tali toga secara bergantian, selanjutnya para wisudawan diperkenankan meninggalkan tempat wisuda.

Berdasarkan informasi yang terhimpun oleh pihak terkait, wisuda S1 dan S2 tersebut berjumlah 122 mahasiswa dari seluruh Fakultas dilingkungan IAIN Samarinda antaranya Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI), Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD), Fakultas Syariah (Fasya), dan Program Pascasarjana (PPs).

Dalam sambutannya Rektor IAIN Samarinda Prof. Dr. H. Mukhamad Ilyasin, M.Pd menyatakan fungsi dan tujuan pendidikan nasional adalah bagaimana kemudian ia mampu memelihara sebuah budaya bangsa.

“Budaya bagian daripada identitas bangsa kita, dengan demikian ini adalah tugas kita bersama sebagai insan akademik untuk menjaga martabat agar tidak tercerabut dari akarnya,” pungkasnya.

Rektor juga berharap agar para alumni pasca ia menyandang seorang sarjana agar mampu menggunakan kemampuan dan skill yang dimiliki. Menurut Rektor, kesuksesan tidak cukup kuliah di kampus favorit atau gelar cumlaude, melainkan yang terpenting adalah memiliki kemampuan skill, kejujuran dan kepercayaan.

“Milikilah karakter kompotensi diri yang kuat, sebagai generasi millenial, silahkan memanfaatkan peluang melalui kecanggihan teknologi digital hari ini, tidaklah cukup hanya memiliki nilai cumlaude, lebih dari itu haruslah dibarengi dengan berbagai kemampuan kompetensi diri,” tutur Rektor dengan nada semangat.

Selain itu Rektor juga mengajak agar para alumni senantiasa menjaga nama baik almamater lembaga dengan penuh integritas, memberikan manfaat kepada masyarakat dalam rangka perbaikan pendidikan Indonesia masa yang akan datang.

“Kami harap para wisudawan dimana pun nanti saudara berada hendaklah terus menjunjung tinggi nama baik IAIN Samarinda,” jelas Prof. Ilyasin.

Sementara itu, Wisudawan terbaik Ade, Koswara, M.Pd turut menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada lembaga IAIN Samarinda atas keberhasilannya dalam mencetak sumber daya manusia yang unggul di Kalimantan Timur, hal tersebut dapat dibuktikan banyaknya dukungan dari berbagai pihak dalam rangka alih status IAIN Samarinda menjadi Universitas Islam Negeri.

“Selamat berbahagia kepada seluruh Wisudawan, kami ucapkan terimakasih kepada Sivitas Akademika IAIN Samarinda telah mengantarkan kami menjadi sarjana, kami berharap agar IAIN atau UINSI Samarinda kedepan terus melahirkan sarjana yang berkualitas dan terus terdepan dalam pengembangan peradaban keislaman,” tuturnya.

Dari pantauan media ini, akhir prosesi wisuda, Rektor turut menyerahkan piagam penghargaan kepada lulusan terbaik antarnya Ade Koswara dengan IPK 3.95, Ana Sulton Mutmainah dengan IPK 3.86, Rahmiyati dengan IPK 3.75, Riza Anugrah dengan IPK 3.68, dan Rosita dengan IPK 3.63.#humas (id)

News Feed