by

Lantik Ormawa FUAD IAIN Samarinda 2021, Wadek 3 Tegaskan Pemimpin Miliki Kecerdasan Spiritual dan Emosional

SAMARINDA, IAIN NEWS, – Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda gelar Pelantikan Organisasi Mahasiswa (Ormawa) Periode 2021 dan Diskusi Mahasiswa Umum di Auditorium Kampus 1, Jl. Abul Hasan No. 3 pukul 08.15 WITA, Selasa (30/3/2021).

Hadir dalam acara tersebut, Dekan FUAD IAIN Samarinda Dr. Hj. Noorthaibah, M.Ag. didampingi langsung oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan H. Bunyamin, Lc. M.Ag., serta Kabag Umum, Akademik dan beberapa dosen FUAD IAIN Samarinda.

Acara berlangsung dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, yakni menjaga jarak, menggunakan masker, dan hand sanitizer.

Penanda tanganan Berita Acara dalam pelantikan itu oleh masing-masing Ormawa FUAD Periode 2021 kemudian dilanjutkan dengan serah terima jabatan Pengurus Ormawa Lama Periode 2020 kepada Pengurus Ormawa Baru Periode 2021.

Setelah melangsungkan pelantikan, acara selanjutnya di Auditorium Kampus 1 itu adalah diskusi oleh mahasiswa umum dengan mengusung tema “Rekonstruksi Kepemimpinan Mahasiswa Intelektual dalam Tradisi Akademik Perguruan Tinggi Menyongsong ke Status UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda”.

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan H. Bunyamin, Lc., M.Ag. mewakili Dekan FUAD menyampaikan kepada Ormawa FUAD 2021 untuk dapat melakukan manajemen waktu dengan baik dan memberikan contoh dengan akhlaqul karimah.

Alhamdulillah pelantikan sudah selesai untuk periode 2021, oleh karena itu persiapkan waktunya dengan sebaik-sebaiknya tanpa menghalangi akademik yakni kuliah. Dalam berorganisasi harus dibarengi dengan etika dan akhlak, itu merupakan hal yang paling penting bagi mahasiswa,” tuturnya.

Di waktu yang sama, H. Bunyamin, Lc., M.Ag. menambahkan bahwa kecerdasan seorang pemimpin tidak hanya pada intelektual saja namun juga pada aspek spiritual dan emosionalnya.

“Pemimpin yang cerdas secara intelektual adalah pemimpin yang tidak hanya menguasai ilmu yang dipelajarinya, tetapi harus bisa menguasai bidang atau ilmu yang lain. Cerdas secara intelektual harus dibarengi dengan cerdas secara spiritual dan cerdas secara emosional, seperti Baginda Nabi Muhammad SAW,” imbuh Wakil Dekan III FUAD itu.

Ketua Demisioner DEMA Periode 2020 turut menyampaikan hal penting dari seorang mahasiswa, terlebih kepada yang bergabung dalam Ormawa.

“Yang terpenting adalah menumbuhkan sikap mengorbankan diri untuk orang lain, demi kepentingan orang banyak itu jauh lebih penting daripada kepentingan Individu. Selain itu, juga mengembangkan spirit intelektual secara dewasa dalam menghadapi organisasi Kampus,” pungkas Demisioner Dema FUAD IAIN Samarinda.

Ketua SEMA Periode 2021, Salman Al Farisi, dalam orasinya menyampaikan niat dan tekad bulatnya dalam menunaikan visi misi FUAD dan IAIN Samarinda.

“Kita sudah disumpah dan wajib menunaikan visi dan misi kita menjadi pita hitam bagi seluruh Mahasiswa Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah. Harapannya kita mampu memperjuangkan hak mahasiswa dan bisa memberikan performa maksimal dalam menunaikan secara optimal kepengurusan selama 1 tahun ini,” tutur Ketua SEMA yang baru dilantik itu.

Harapan Salman kedepan adalah menangkal segala bentuk tindakan terorisme demi ketentraman lingkungan.

“Jangan sampai ada oknum radikalisme untuk menangkal tindakan-tindakan terorisme yang ada di lingkungan kita, apalagi saat ini IAIN Samarinda adalah Kampus satu-satunya PTKIN Se-Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara,” imbuh Salman.

Di tempat yang sama, Ketua Dema Periode 2021 Windi Irwan Adi dalam sambutannya memotivasi rekan Ormawa dan mahasiswa lainnya untuk senantiasa bersyukur dan upgrading intelektual.

“Sampai detik ini kita masih diberikan kenikmatan yang dapat merasakan hidup, tiada henti-hentinya Allah memberikan rahmat kepada kita, udara yang kita hirup setiap harinya masih diberikan kesehatan hingga saat ini. Dengan terpilihnya kepengurusan yang baru ini, harapannya bisa membangun baik dari segi intelektual dan wawasan bagi mahasiswa,” tutur Ketua Dema FUAD IAIN Samarinda. Penetapan Kepengurusan Ormawa Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah Periode 2021 dengan Nomor 053 Tahun 2021 kukuhkan Pengurus Organisasi Mahasiswa (Ormawa) Periode 2021 yang terdiri dari Senat Mahasiswa (SEMA), Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA), Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ), dan Himpunan Mahasiswa Progam Studi (HMPS) di lingkungan FUAD IAIN Samarinda.

News Feed