by

Wisuda Drive Thru Tahun 2021, Rektor: Tantangan Alumni Menjawab Kebutuhan Pasar Global

-Kegiatan-511 views

SAMARINDA, IAIN NEWS,- Rektor IAIN Samarinda Prof. Dr. H. Mukhamad Ilyasin, M.Pd. memberikan sambutan pada pelaksanaan Wisuda Sarjana XXXIV S-1 dan Magister X S-2 Tahun 2021 dengan model Drive Thru, sambutan tersebut di sampaikan secara langsung di depan Auditorium 22 Dzhulhijjah IAIN Samarinda, Rabu (31/3/2021). Berikut sambutan Rektor IAIN Samarinda:

Mengawali sambutan ini marilah kita panjatkan Puji Syukur kehadirat Allah Subhanahu Wata’aala, yang telah memberi nikmat, karunia, hidayah dan ridha-Nya, sehingga pada hari ini kita dapat melaksanakan Wisuda Sarjana ke-34 dan Wisuda Pascasarjana ke-10 semoga berjalan dengan sukses.

Karena suatu keadaan, wisuda kita gelar secara Drive Thru (setengah online dan setengah offline), kita berdoa semoga wabah ini segera berlalu dan kita bisa melaksanakan kegiatan seperti tahun-tahun sebelumnya. Tentu saja ini memerlukan dukungan dari semua elemen masyarakat untuk patuh terhadap protokol kesehatan dari pemerintah. Saya menyadari betul dengan model wisuda seperti ini tentu saja banyak kekurangan dan keterbatasannya, akan tetapi saya meyakini tidak mengurangi nilainya secara substansial.

Shalawat serta salam senantiasa teriring dan kita sanjungkan kepada junjungan kita Nabi Agung Muhammad Sallallahu ‘Alaihi Wasallam, beserta para keluarga, sahabat dan pengikutnya sampai dengan akhir zaman. Amiin Yaa Rabbal ‘Aalamiin.

Hadirin yang berbahagia,

Ketatnya persaingan dalam semua aspek kehidupan membuat kita harus mempunyai kompetensi yang dapat di andalkan. Pendidikan dan pengalaman selama menjalani kuliah di IAIN Samarinda dapat menjadi bekal bagi wisudawan/wisudawati baik dalam berfikir dan bertindak, sebagai insan intelektual yang mengedepankan perilaku yang bermartabat dan berbudaya.

Salah satu fungsi dan tujuan pelaksanaan pendidikan nasional adalah menjaga martabat dan memelihara budaya bangsa agar tidak tercerabut dari akarnya dan itu menjadi tugas dan tanggung jawab kita semua selaku insan akademik. Budaya merupakan identitas bangsa oleh karenanya keberadaannya harus dijaga dan dirawat. Dengan nilai-nilai budaya luhur, kepeloporan dan darma bhakti saudara, maka kita akan ikut membangun bangsa dan negara yang berdaya saing di pasar global namun dengan tidak kehilangan identitasnya sebagai sebuah bangsa yang luhur.

Hadirin yang berbahagia,

Saya selaku Rektor dan segenap sivitas akademika seluruh keluarga besar IAIN Samarinda mengucapkan selamat kepada wisudawan dan wisudawati yang telah menyelesaikan studi pembelajaran di IAIN Samarinda. Kami ucapkan selamat juga kepada Bapak/Ibu orang tua atau wali wisudawan/wisudawati yang telah mengantar putra-putrinya dengan jerih payah dan penuh perjuangannya sampai ke jenjang pendidikan sarjana hingga wisuda.

Kami berharap agar setelah selesai wisuda ini para wisudawan/wisudawati senantiasa menggunakan kemampuan dan skill yang dimiliki. Kunci sukses adalah bukan semata karena saudara kuliah di tempat favorit, bukan pula karena saudara lulusan cumlaude atau terbaik, akan tetapi juga saudara memiliki life skill, kejujuran, kepercayaan, dan karakter yang kuat sebagai generasi millennial berkarakter diharapkan mampu memanfaatkan peluang dan akses pekerjaan baru yang tidak dikenal sebelumnya dengan berbagai teknologi digital.

Kami berharap seluruh wisudawan/wisudawati dimanapun nanti saudara berada hendaknya selalu menjunjung tinggi nama baik almamater IAIN Samarinda dengan penuh integritas, berkomitmen, serta dapat memberikan feedback yang positif kepada almamater guna perbaikan proses pembelajaran dimasa yang akan datang.

Para tamu undangan dan hadirin yang kami hormati,

Menghadapi persaingan yang sangat kompetitif seperti ini, maka kami IAIN Samarinda terus berkomitmen untuk mendukung kebijakan pemerintah melalui Kementerian Agama RI serta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, yaitu tentang peningkatan daya saing bangsa dan peningkatan mutu lulusan. Dengan memberikan bekal penguatan berkarakter dan program unggulan bagi mahasiswa melalui kegiatan penelitian, pengabdian masyarakat, keterampilan dan pengalaman praktik di dunia industri, maka mahasiswa akan mempunyai kemampuan yang lebih sehingga dapat menjawab tantangan kebutuhan pasar dan masyarakat.

Berangkat dari alasan itulah kami melakukan transformasi kelembagaan dari IAIN menuju UIN. Dengan transformasi

IAIN menjadi UIN akan  banyak memberikan keuntungan. Salah satunya adalah keluasan akses bagi setiap lulusan yaitu akses dari sektor birokrasi, sektor dunia usaha dan dunia industri, sektor ekonomi, politik, sosial dan yang lainnya.

Bapak/Ibu wali wisudawan yang kami hormati,

Dengan telah diwisudanya putra dan putri Bapak/Ibu sekalian, maka secara resmi kami mengembalikan tanggung jawab pendidikan kepada Bapak/Ibu sekalian, tak lupa kami mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas kepercayaan yang diberikan kepada IAIN Samarinda untuk menimba ilmu di tingkat perguruan tinggi, kami mengucapkan terima kasih juga kepada berbagai pihak serta masyarakat yang senantiasa selalu mendukung IAIN Samarinda dalam berbagai bentuk.

Kami berharap jalinan komunikasi yang berkelanjutan, masukan, saran dan kritik yang membangun, tak lupa kami menghaturkan terima kasih kepada Bapak/Ibu sekalian para tamu undangan dan mahasiswa atas kesediaannya hadir dan menyaksikan prosesi wisuda ini secara langsung atau daring. Ucapan terima kasih pula kepada seluruh dosen dan pegawai atas kerja samanya yang baik dalam melaksanakan tugas mendidik mahasiswa hingga mereka dapat menyelesaikan studinya dan dapat di wisuda hari ini.

Jangan lupa pula kita selalu mendukung pemerintah untuk melaksanakan 3 M, yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak (physical distancing), serta hindari kerumunan. Kalau kita secara bersama-sama mematuhinya, Insya Allah kita akan terhindar dan terentaskan dari pandemi Covid-19 ini sehingga kita dapat berkehidupan lebih baik lagi, yaitu sehat jasmani rohani, sejahtera, aman, dan damai. Semoga Allah SWT senantiasa melindungi dan meridhai kita semua. Amiin Yaa Rabbal ‘Aalamiin.

Akhirnya, Bapak/Ibu sekalian kami mohon maaf yang sebesar-besarnya apabila dalam pelaksanaan wisuda ini terdapat kekurangan yang dapat menyebabkan tidak berkenan di hati Bapak/Ibu hadirin sekalian.

Hadzanalloh waiyyakum ajma’in

Wallohul Muaffieq Ilaa Aqwamit Tharieq Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

News Feed