by

Rektor Respon Positif Silatnas Dema PTKIN 2021 Digelar di IAIN Samarinda

-Mahasiswa-207 views

SAMARINDA, IAIN NEWS,- Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda kembali mendapat kepercayaan untuk jadi tuan rumah pada perhelatan Silaturahmi Nasional (Silatnas) Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) seluruh Perguruan Tinggi Kegamaan Islam Negeri (PTKIN) di lingkungan Kementerian Agama RI tahun 2021.

Hal tersebut dikatakan langsung oleh Onky Fahrur Rozie selaku Koordinator Dema PTKIN saat diri dan jajarannya menemui langsung pimpinan IAIN Samarinda diruang Rektor Kampus 2 Jl. H.A.M. Rifaddin Harapan Baru Loajanan Ilir. Rabu (31/3/2021).

Onky sapaan akrabnya itu, kepada Rektor IAIN Samarinda menjelaskan terpilihnya Samarinda sebagai tuan rumah merupakan hasil diskusi yang panjang bersama pihaknya di berbagai Kampus PTKIN, termasuk ia juga telah melakukan koordinasi dengan Ketua Forum Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Alumni dan Kerjasama Dr. Israqunnajah, M.Ag. di Universitas Islam Negeri Malang.

“Ini bentuk keseriusan kami memilih IAIN Samarinda sebagai tuan rumah, oleh karena itu kami izin kepada pimpinan IAIN Samarinda agar dapat didukung sehingga mampu bersinergi dalam menyukseskan perhelatan nasional ini,” tuturnya.

Lebih lanjut, Mahasiswa asal UIN Sunan Ampel itu menyebutkan rencana perhelatan nasional itu akan digelar pada bulan Juli 2021 mendatang.

Menanggapi hal tersebut, Rektor IAIN Samarinda Prof. Dr. H. Mukhamad Ilyasin, M.Pd. menyampaikan dukungannya atas rencana perhelatan akbar itu, bagi Rektor kegiatan tersebut tentu akan memberikan dampak positif bagi IAIN Samarinda.

“Tentu saja kami dukung ikhtiar saudara semuanya, saya pikir dengan menetapkan IAIN Samarinda sebagai tuan rumah sangat efektif karena berkaitan sosialisasi kelembagaan, apalagi kami sedang bertransformasi ke taraf Universitas Islam Negeri,” ujar Rektor.

“Dengan demikian, tentu diharapkan para panitia nanti harus lebih peka dengan situasi sekarang ini, kita kan tidak tahu bagaimana kondisi pandemi Covid-19 hingga Juli mendatang,” tambahnya.

Sebelum mengakhiri Prof. Ilyasin juga menyebutkan beberapa fasilitas IAIN Samarinda yang siap mendukung suksesi kegiatan tersebut seperti asrama Ma’had Al Jamiah putra dan putri dan gedung Auditorium 22 Dzulhijjah IAIN Samarinda di Kampus 2.

Senada dengan hal itu, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Alumni dan Kerjasama Dr. H. Muhammad Abzar Duraesa, M.Ag. juga turut menyampaikan dukungannya rencana silatnas tersebut, Dr. Abzar mengatakan ia akan segera melakukan tindak lanjut koordinasi dengan Kasubdit Kementerian Agama RI Rucman Basori, S.Ag., M.Ag.

“Kami yang membidangi Kemahasiswaan sangat mendukung, hanya saja yang perlu di matangkan adalah teknis pelaksanaannya, termasuk bulan acaranya, supaya benar-benar dihadiri seluruh Dema PTKIN seluruh Indonesia, selanjutnya kami akan melakukan koordinasi di Forum Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan agar agenda ini dapat didukung bersama,” ungkap Pimpinan Bidang Kemahasiswaan IAIN Samarinda tersebut.

Dari pantauan media ini, turut hadir pada pertemuan tersebut antaranya Ketua Dema IAIN Samarinda periode 2021, Demisioner ketua Dema IAIN Samarinda, Koordinator BEM Kalimantan, Sekretaris Koordinasi pusat Dema PTKIN.#humas (id)

News Feed