by

JQH IAIN Samarinda Gelar Safari Ramadhan, Wakil Rektor III Sebut Bagian Tri Dharma Perguruan Tinggi

-Mahasiswa-199 views

SAMARINDA, IAIN NEWS,- Lembaga Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda melalui Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Alumni dan Kerjasama, Dr. H. M. Abzar Duraesa, M.Ag menyampaikan apresiasi kepada tim safari mahasiswa yang tergabung dalam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Jam’iyyatul Qurra’ Wal Huffadzh (JQH) IAIN Samarinda. Apresiasi itu disampaikan saat ia melepaskan secara resmi via Zoom Meeting. Kamis (15/4/2021)

Lanjut, Pimpinan Kemahasiswaan akrab disapa Dr. Abzar tersebut menilai safari yang diselenggarakan UKM JQH merupakan bagian dari praktek nyata salah satu poin Tri Dharma Perguruan Tinggi, yakni Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengembangan, dan Pengabdian Kepada Masyarakat.

“Tugas dosen maupun mahasiswa tidak hanya menyampaikan Tri Dharma Perguruan Tinggi itu, tetapi yang lebih pentingnya adalah bagaimana kemudian kita mampu mengimplementasikannya secara langsung di masyarakat, salah satunya ialah melalui Safari Ramadhan ini,” tuturnya.

Selain itu, ia juga menegaskan agar kedatangan mahasiswa IAIN Samarinda di masyarakat menjadi bagian dari ummatan wasathan.

“Kita juga harus memberikan warna baru, mendampingi masyarakat dalam kegiatan keagamaan, tetapi yang perlu diperhatikan tetaplah menjadi pelopor dalam implementasi moderasi beragama, mampu menempatkan diri pada posisi tawasuth,” tegasnya.

Terakhir, ia juga menyampaikan agar kegiatan Safari Ramadhan ini tetap mengedepankan protokol kesehatan selama berkegiatan dan menjaga nama baik almamater lembaga IAIN Samarinda.

“Tetaplah jaga kesehatan di tengah pandemi, jadikan instansi terkait lainnya sebagai mitra kita dalam berkegiatan selama berada di masyarakat,” tutup Dr. Abzar sambil melepas Tim Safari Ramadhan secara resmi.

Menanggapi hal tersebut, Wafiq Azizah selaku Ketua Umum UKM JQH mengatakan pihaknya telah melakukan koordinasi dengan berbagai pihak demi kesinergitasan selama berkegiatan.

“Jauh hari kami telah melakukan koordinasi dengan pihak Satgas Covid-19 Kota Samarinda, Kepala Desa Desa Jambayan, sejumlah Lembaga Pendidikan Taman Al-Qur’an, Tokoh Masyarakat, dan Agama hingga pada perijinan RT. Alhamdulillah kita semua bersinergi untuk mensukseskan acara ini,” ujarnya.

“Adapun kegiatannya adalah, memimpin bilal sholat tarawih dan kultum, pelatihan fardhu kifayah, mengajar ngaji di Taman Pendidikan Al-Qur’an, berbagi takjil, santunan anak yatim-piatu, bakti sosial dan beberapa perlombaan anak,” jelas Wafiq via zoom meeting.

Diketahui, Safari Ramadhan tersebut akan berlangsung sepekan sejak 15 hingga 21 April 2021 bertempat di Desa Jambayan Kecamatan Loa Kulu Kabupaten Kutai Kartanegara.#humas (id)

News Feed