by

Muslimah Harus Memiliki Cinta dan Menginspirasi Muslimah Lainnya, Dua Mahasiswa IAIN Samarinda Lolos ke Grand Final Puteri Muslimah Nusantara 2021

-Mahasiswa-134 views

SAMARINDA, IAIN NEWS,- Dua mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda berhasil didapuk sebagai Finalis Putri Muslimah Nusantara 2021 untuk daerah Kalimantan Timur pasca menampilkan bakatnya di Lampion Garden. Minggu (14/3/2021).

Mahasiswa IAIN Samarinda yang terpilih adalah Syifa Hajati dari Fakultas Syariah (FASYA) Program Studi Hukum Keluarga (HK), dan Poppy Shafira Oktavia dari Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI).

Dari hasil pantauan media, Putri Muslimah Nusantara merupakan ajang mencari muslimah yang ABC (Akhlak, Bakat, dan Cantik). Memiliki wawasan luas tentang Agama Islam yang menjadi identitas bangsa Indonesia sebagai negara mayoritas masyarakat muslim dan mampu menunjukkan bakat dan karya seni Indonesia.

Seleksi dilaksanakan dalam tiga tahap. Tahap pertama, seleksi berkas secara online. Tahap kedua, peserta diseleksi melalui proses interview di BASODA RESTO secara tertutup dan mematuhi protokol kesehatan. Tahap selanjutnya, peserta akan diminta menunjukkan bakat.

Pada tahap unjuk bakat, Syifa menampilkan sebuah tarian dari daerah Sumatera Barat yaitu Tari Tempurung. Mahasiswi semester 2 ini juga mengatakan bahwa dalam seleksi tahap terakhir itu ia telah mempersiapkan dan menampilkan tariannya secara maksimal.

“Alhamdulillah tampil dengan maksimal walaupun latihan cuma 2 kali yaitu malam dan siang sebelum ke lokasi, karena pada saat itu syifa ada kegiatan organisasi juga tapi tetap berusaha menyempatkan buat latihan. Tarian ini juga sudah pernah dibawakan waktu Mts dulu, jadi alhamdulillah masih ingat dan sangat membantu,” tuturnya.

Di hari yang sama, Poppy turut menampilkan Tari Jepen dari Kalimantan Timur dengan memaksimalkan waktu dua hari setelah tahap kedua interview.

“Poppy membawakan Tari Jepen. Kan ada waktu dua hari setelah interview, jadi Poppy latihan di dua hari itu dengan teman dari sanggar tari. Alhamdulillah pernah nari Jepen juga waktu perpisahan SMA dulu, jadi sangat membantu,” ujar Poppy.

Sebagai finalis, Syifa berharap agar bisa menampilkan yang terbaik Juni nanti dengan menawarkan konsep CINTA yang harus dimiliki muslimah nusantara.

“Harapan ke depan semoga segala yang syifa tampilkan di grand final senusantara yang insyaallah pada bulan Juni nanti di mudahkan oleh Allah swt. dan selalu memberi kebermanfaatan bagi orng sekitar, juga selalu bisa memberi motivasi bagi muslimah. Muslimah itu harus memiliki CINTA (Cakap, Intelektual, Nasionalis, Tangguh, dan Akhlakul karimah) maka sesuai dengan Rasulullah SAW bahwa wanita adalah tiang negara, jika baik wanitanya maka baiklah negaranya dan jika rusak wanitanya maka rusak pula negaranya,” pungkas Syifa.

Poppy pun berharap agar dapat memberikan performa terbaik untuk menginspirasi banyak muslimah dan membawa nama Kalimantan Timur.

“Semoga bisa lebih baik lagi, bisa membawa nama Kaltim dan menginspirasi muslimah lainnya. Poppy sebagai calon guru memiliki perhatian terhadap kesejahteraan guru terutama yang honorer. Jadi Poppy berharap ini menjadi jalan untuk bisa memperjuangkan dan mengangkat derajat guru yang masih belum sejahtera,” harap Poppy melalui saluran telepon.

News Feed