by

Nurcholish, Mahasiswa IAIN Samarinda Wakili Pemuda Indonesia ke Singapura

-Mahasiswa-450 views

SAMARINDA, IAIN NEWS,- Muhammad Nurcholish Azhari merupakan Mahasiswa Program Studi (Prodi) Hukum Tata Negara (HTN) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda yang akan mengibarkan nama baik almamater kampus IAIN Samarinda di kancah Internasional pasca dirinya dinyatakan lolos sebagai kandidat utama pada Singapore Indonesia Youth Leaders Exchange Program (SIYLEP) tahun 2021.

Mahasiswa semester akhir yang akrab disapa Cholish tersebut, kepada Humas IAIN Samarinda menjelaskan bahwa SIYLEP merupakan program kerjasama antara Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Indonesia dengan Singapura.

Lebih lanjut, ia menjelaskan kerjasama tersebut dalam rangka pengembangan pengetahuan pemuda melalui jaringan Internasional terkait budaya masing-masing Negara sehingga pemuda memiliki pengetahuan  dan wawasan luas dalam menghadapi tantangan global pada masa yang akan mendatang.

“awalnya saya mengikuti beberapa persyaratan yang diminta melalui email, selanjutnya saya mengikuti wawancara secara online seputar Community Development, Keagamaan, Psikologi, Bahasa Asing, Kemampuan Komunikasi, wawasan kebudayaan serta tes pengetahuan akademik,” jelasnya melalui saluran telepon.

alhamdulillah saya menjadi kandidat utama, artinya terpilih sebagai peserta pertukaran pemuda antara Indonesia dan Singapura, tentu saja menjadi kebanggaan tersendiri bagi saya dan lembaga Kampus IAIN Samarinda telah mendapatkan tiket untuk mengenal budaya negara lain,” tuturnya.

Diketahui, kerjasama Indonesia dan Singapura tersebut telah terjalin sejak 1973 dalam mengembangkan pemuda masing-masing negara yang kemudian seluruh pendanaan peserta ditanggung oleh pemerintah dan beberapa mitra antar negara yang bersangkutan.

Menanggapi hal tersebut, Dr. H. Muhammad Abzar Duraesa, M.Ag. selaku Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Alumni dan Kerjasama IAIN Samarinda menyampaikan selamat kepada Cholish atas prestasinya hingga taraf Internasional.

“yang pastinya kita sangat merespon positif, Ananda Cholish telah mengharumkan lembaga kampus, ini membuktikan bahwa prestasi mahasiswa IAIN Samarinda mampu lintas negara, selamat semoga bisa jadi contoh bagi mahasiswa IAIN Samarinda lainnya,” kata Dr. Abzar saat di temui di ruang kerjanya.#humas (id)

News Feed