by

Mahasiswa IAIN Samarinda Kembali Torehkan Prestasi pada Ajang PTQ RRI Tingkat Nasional di Palembang

SAMARINDA, IAIN NEWS,- Setelah meraih juara pada PTQ RRI Samarinda bulan April lalu, Muhammad Andi Saputra Mahasiswa Semester II Program Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IAT) pada Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda raih Juara Terbaik I Cabang Tahfidz 15 Juz pada Pekan Tilawatil Qur’an (PTQ) Radio Republik Indonesia (RRI) Tingkat Nasional ke-51 di Palembang pada tanggal 1 s.d. 4 Mei 2021.

PTQ RRI Tingkat Nasional tahun 2021 ini diikuti oleh 17 Korwil seluruh Indonesia dengan total peserta mencapai 2500 orang dalam tiga jenis perlombaan, yakni Tilawah, Tausiyah, dan Tahfidz. Besarnya antusias masyarakat Indonesia dalam mensyiarkan Al-Qur’an tidak menyurutkan semangat Andi dalam berkompetisi. Mahasiswa prodi IAT yang turut aktif dalam Jam’iyyatul Qurra’ wal Huffadzh (JQH) IAIN Samarinda itu menuturkan dirinya yang merasa bersyukur dapat mewakili cabang tahfidz pada ajang PTQ RRI Tingkat Nasional.

“Jadi yang pertama, event ini diadakan di setiap RRI di seluruh Indonesia secara serentak. oleh karena itu, dalam kesempatan itulah saya mengikuti dengan UKM JQH sebagai perantaranya dan Alhamdulillah Juara I,” tuturnya.

“Kemudian, dari hasil perlombaan tersebut diseleksi lagi di tingkat koordinator wilayah nusantara atau korwilnus hanya untuk cabang lomba tahfidz dan tausiyah,” imbuhnya.

Andi juga berharap agar dirinya bisa lebih akrab engan AL-Quran dan memotivasi kawan-kawan lainnya untuk bersemangat dalam mengikuti event lomba, khususnya pengkajian Al-Qur’an.

“Kalau untuk saya sendiri, saya harap agar saya pribadi makin giat berinteraksi dengan Al-QUr’an dan tidak hanya membaca dan menghapal, namun juga mentadabburi dan mengamalkan isi Al-Qur’an. Kepada teman-teman mahasiswa saya harap ini bisa menjadi motivasi untuk lebih giat mengembangkan diri dan -paling tdak- menyempatkan diri membaca Al-Qur’an dimana sekarang kebanyakan dari kita lebih sibuk dengan gadget daripada pedoman hidup kita,” harap mahasiswa IAT itu.

Wakil Rektor III IAIN Samarinda Dr. M. Abzar Duraesa, M.Ag. memberikan apresiasi atas prestasi M. Andi dalam ajang PTQ Tingkat Nasional. “Syukur Alhamdulillah atas prestasi yang diraih oleh Andi dalam PTQ yang diselenggarakan oleh RRI Tingkat Nasional, ini menjadi prestasi bagi masyarakat Kaltim khususnya Keluarga Besar IAIN Samarinda juga sekaligus menjadi motivasi bagi para mahasiswa untuk dapat terus menggali potensi diri dan berani berkompetisi di banyak event, bahkan event nasional,” pungkasnya.

News Feed