by

Raih Predikat A oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, UPT Perpustakaan Selenggarakan Syukuran Bersama

SAMARINDA, IAIN NEWS,- Seiring dengan transformasi alih status menjadi UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda dan keberhasilan dalam meraih predikat A oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia berdasarkan Lembaga Akreditasi Perpustakaan, Unit Pelayanan Terpadu (UPT) Perpustakaan laksanakan syukuran bersama di Gedung Perpustakaan, Jl. H.A.M. Rifaddin, Harapan Baru, Kec. Loa Janan Ilir, Kota Samarinda. Kamis (20/5/2021).

Perpustakaan menawarkan fasilitas pelayanan dengan sistem open access pada bagian sirkulasi dan closed access pada bagian referensi. Sebagai ladang referensi, perpustakaan terus menambah jumlah koleksi yang hingga saat ini tercatat sebanyak 26.881 eksemplar, dapat dilihat pada tautan https://elib.iain-samarinda.ac.id/. Gedung Perpustakaan di desain dengan corak khas batik Kalimantan dengan nuansa monokrom untuk menarik minat pemustaka dalam berkunjung, juga dilengkapi dengan pencahayaan yang maksimal dan ruang baca yang besar demi kenyamanan membaca para pemustaka. Sumber daya manusia dan kompetensi para pustakawan juga turut menjadi indikator pendukung dalam aspek pelayanan pada akreditasi Perpustakaan.

Turut hadir Wakil Rektor II Prof. Dr. Zurqoni, M.Ag. dan Drs. H. Saifi bersama Kepala Perpustakaan Dr. Bahrani, M.Pd. dan seluruh staf UPT Perpustakaan. Dalam kesempatan itu, Dr. Bahrani menuturkan bahwa agenda syukuran ini sebagai wujud terima kasih kepada Allah yang telah meridhai hajat kita, juga terima kasih kepada warga UPT Perpustakaan yang telah berjuang untuk menaikkan predikat perpustakaan menjelang transformasi alih status menjadi UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda.

“Sudah sepantasnya kita bersyukur atas segala nikmat yang Allah berikan dan hasil akreditasi perpustakaan yang mendapatkan predikat A dengan nilai 92.5. Standar komponen akreditasi terpenuhi yang diperoleh melalui kerja keras tim pengelola UPT Perpustakaan yang melalui proses panjang hingga simulasi bersama asesor internal dari Lembaga Penjaminan Mutu,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Prof. Zurqoni menuturkan bahwa pencapaian predikat A pada Perpustakaan ini harus dapat dipertahankan dan dikembangkan untuk kemajuan Perpustakaan dan mendukung lembaga yang tidak lama akan bertransformasi menjadi UIN Sultan Aji Muhammad Idris.

“Alhamdulillah, terima kasih kepada tim UPT Perpustakaan yang sudah sedemikian rupa berjuang untuk mencapai predikat A. Namun tidak hanya sampai disini, predikat itu harus bisa dipertahankan bahkan dikembangkan karena sebentar lagi kita akan menjadi UIN dan Perpustakaan akan menjadi wadahnya referensi mahasiswa dan pengembangan kualitas akademik lembaga itu sendiri,” tuturnya.

Di waktu yang berbeda, Siti Fatimah, S.Ag., S.S., M.Hum. selaku Sekretaris Perpustakaan dan Pustakawan merasa bangga dengan kerja sama tim yang solid juga dengan dukungan para Pimpinan untuk meraih predikat A.

“Sebagai Sekretaris dan Pustakawan, tentunya merasa bangga dengan pencapaian akreditasi Perpustakaan yang meraih predikat A, semua ini berkat kerja sama tim yang solid dari rekan-rekan perpustakaan. Para pimpinan juga memberikan dukungan luar biasa dan sebagai penguat kami dalam mempersiapkan berkas hingga fasilitas. Semoga dengan predikat A ini menjadikan Perpustakaan semakin terdepan, pengelolaan yang semakin maju dan semangat berinovasi dalam memberikan pelayanan kepada pemustaka, dan semoga kedepannya kami bisa menjadi mitra dalam mengembangkan pengetahuan dan penelitian dengan civitas UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda,” tutupnya.

News Feed