by

Harapkan Penelitian yang Tertib Prosedur dan Aturan, LPPM Sosialisasikan Juknis Litapdimas

2021SAMARINDA, IAIN NEWS,- Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda mengadakan sosialisasi Petunjuk Teknis Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat, dan Publikasi Ilmiah (Juknis LITAPDIMAS) untuk tahun 2021 secara daring melalui platform zoom meeting yang dihadiri oleh para Dosen peneliti tahun 2021. Selasa (25/05/2021).

Acara ini dibuka oleh Wakil Rektor II Prof. Dr. Zurqoni, M.Ag. Guru Besar di bidang Penelitian Pendidikan ini memaparkan secara singkat tentang kondisi anggaran penelitian tahun 2020 yang mengalami penghematan dan direposisikan pelaksanaannya pada tahun 2021, untuk itu beliau mengingatkan LPPM sebagai operator pelaksanaan penelitian dan terutama para Dosen peneliti tahun 2021 untuk memahami dan mengikuti pelaksanaan penelitian dan pencairan anggarannya sesuai dengan Juknis Litapdimas ini.

Pada kesempatan yang sama, Alfitri, M. Ag., LL.M., Ph.D. sebagai ketua LPPM IAIN Samarinda, mengharapkan para Dosen peneliti untuk menggunakan kesempatan penelitian tahun 2021 dengan baik dan bisa menghasilkan output dan outcome penelitian berkualitas yang bisa mengangkat nama IAIN Samarinda.

“Kondisi pandemi Covid-19 disamping membawa sejumlah tantangan dalam pelaksanaan penelitian, juga membawa peluang untuk diseminasi hasil penelitian secara nasional. Oleh karena itu, LPPM menangkap peluang tersebut dengan rencana mengadakan webinar series untuk seminar hasil penelitian tahun 2021 tersebut,” ujarnya.

Acara sosialisasi dilanjutkan oleh Dr. Umar Fauzan, M.Pd. selaku Kepala Pusat Penelitian dan Penerbitan Ilmiah. Pak Umar biasa disapa, menyampaikan hal-hal teknis terkait dengan tagihan berupa output dan outcome penelitian serta manajemen penelitian yang dilaksanakan secara online melalui website Litapdimas.

Menurut beliau, penting bagi para Dosen peneliti untuk memahami penggunaan website Litapdimas dan memenuhi semua tagihan penelitian yang dimaksud dengan cara mengunggahnya di Litapdimas. Dibantu oleh operator Litapdmas, Sayuri, M.Pd. pimpinan-pimpinan LPPM IAIN Samarinda memberikan bimbingan praktis cara menggunakan website Litapdimas.

Kesempatan ini juga digunakan untuk menyampaikan Prosedur Standar Operasional di bidang penelitian, pengabdian, dan publikasi ilmiah yang dimiliki oleh LPPM IAIN Samarinda.

“Sosialisasi SOP ini penting agar pelaksanaan Litapdimas di IAIN Samarinda berjalan taat prosedur dan taat aturan, tidak ada lagi Dosen yang mengeluh, misalnya terlambatnya dikeluarkan Surat Tugas dan SPPD oleh lembaga karena alur dan jangka waktu pengajuannya sudah distandardkan,” jelas Drs. Khairul Saleh, M. Ag., Sekretaris LPPM.

Acara sosialisasi kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya-jawab yang direspon antusias oleh para Dosen untuk memperjelas prosedur dan hal-hal teknis lain yang mereka anggap penting bagi kelancaran penelitiannya. (Alfitri; Ulfa; LPPM)

News Feed