by

Menjawab Berbagai Pertanyaan Seputar Pelaksanaan Kurban, Koordinator Humas IAIN Samarinda bersama Dosen Fakultas Syariah Terbitkan Buku Ringkasan Fikih Kurban

SAMARINDA, IAIN NEWS,- Koordinator Humas IAIN Samarinda, Agus Prajitno, S.Si.T., M.Eng., bersama Dosen Fakultas Syariah IAIN Samarinda, Ustadz Abd. Syakur, Lc., M.H. telah menerbitkan buku dengan judul “Ringkasan Fikih Kurban dan Rangkaian Ibadah yang Mengiringinya” yang dipersembahkan oleh LAZ DPU Kaltim dan Panitia Kurban bersama Masjid Darul Falihin yang diterbitkan pada bulan Juli tahun 2020.

Ustadz Syakur sebagai narasumber menyampaikan bahwa buku ini tidak hanya membahas tentang Fikih Kurban, namun juga nasihat-nasihat bagi panitia kurban, serta keutamaan tanggal 1 sampai dengan 10 Dzulhijjah, puasa sunnah, dan dalil-dalil puasa sunnah menjelang Hari Raya Kurban.

“Banyak sekali pertanyaan yang muncul saat menjelang pelaksanaan ibadah kurban. Sehingga dengan adanya buku ini maka diharapkan dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada sekaligus menjadi pedoman dan panduan bagi masyarakat yang dapat dibaca setiap saat,” ungkap Ustadz Syakur.

“Ibadah kurban meskipun hukum asalnya adalah sunnah, akan tetapi ada aturan yang sangat ketat dan apabila dilanggar bisa berefek kepada keabsahan,” tambahnya.

Agus Prajitno sebagai penggagas dan penyusun sistematika buku ini menyampaikan bahwa buku ini ditulis berdasarkan pengalaman dan kolaborasi bersama narasumber selama menjadi panitia pelaksanaan kurban di beberapa Masjid, khususnya pada Masjid Darul Falihin Komplek Batu Alam Permai Samarinda.

“Buku ini ditulis dengan kolaborasi bersama orang-orang yang memiliki motivasi dan semangat yang sama dalam rangka berhikmah kepada rumah Allah SWT, Masjid Daarul Falihin, dan juga lembaga kebaikan lainnya,” ujarnya“

Buku ini membahas tentang hal yang berkaitan dengan ibadah kurban dan semoga dapat dijadikan sebagai panduan praktis sesuai ketentuan syariat bukan hanya bagi para mudhahhi dan panitia kurban, tapi juga bagi masyarakat pada umumnya,” tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, Ustadz Syakur dan Agus Prajitno juga menyampaikan bahwa buku ini sebagai pemantik. Buku dapat didownload pada link berikut

https://drive.google.com/file/d/1fiLbkP1UhKTnwg_KmPCPkryYesuwqEq0/view?usp=drivesdk

News Feed