by

Penjaringan Mahasiswa Baru, IAIN Samarinda Berhasil Laksanakan UMPTKIN Secara Daring

SAMARINDA, IAIN NEWS,- Sebanyak 915 peserta Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) tahun 2021 di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda telah mengikuti ujian tertulis secara daring dari rumah masing-masing selama dua hari terhitung dimulai sejak tanggal 24 Mei sampai dengan 25 Mei 2021. Berbeda dengan UM-PTKIN sebelumnya, tahun ini tes membaca dan menulis Al-Qur’an menjadi materi ujian tambahan pada UM-PTKIN 2021.

Ujian ini berlangsung secara serentak pada seluruh Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri se-Indonesia dengan menggunakan aplikasi SSE. Sebelum pelaksanaan ujian, IAIN Samarinda telah melakukan simulasi ujian selama dua hari pada tanggal 17 Mei sampai dengan 18 Mei 2021 melalui aplikasi SSE yang dapat didownload pada tautan https://um-ptkin.ac.id.Untuk memudahkan pemantauan proses ujian, pengawas dan panitia lokal dipusatkan di Gedung Unit Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (TIPD) IAIN Samarinda.

Panitia Nasional SPAN-UM PTKIN juga ikut memantau pelaksanaan ujian tersebut secara daring.IAIN Samarinda telah membuka pendaftaran untuk 15 Program Studi yang dikelompokkan dalam 4 Fakultas bagi calon mahasiswa baru jenjang Sarjana.

Fakultas Syariah (FASYA) membuka pendaftaran untuk Program Studi Hukum Ekonomi Syariah, Hukum Keluarga, dan Hukum Tata Negara. Selanjutnya, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) membuka pendaftaran untuk Program Studi Pendidikan Agama Islam, Manajemen Pendidikan Islam, Pendidikan Bahasa Arab, Tadris Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, dan Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Tidak ketinggalan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) dengan Program Studi Ekonomi Syariah dan Perbankan Syariah. Kemudian, Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) dengan Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Manajemen Dakwah, Bimbingan dan Konseling Islam, serta Ilmu Al-qur’an dan Tafsir.

Hasil ujian SSE UM-PTKIN 2021 rencananya akan diumumkan pada tanggal 17 Juni 2021.

News Feed