by

Pelatihan Penyusunan BKD Berdasarkan Aplikasi SISTER, LPM IAIN Samarinda Adakan Webinar

SAMARINDA, IAIN NEWS,- Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) IAIN Samarinda selenggarakan Pelatihan penyusunan Beban Kerja Dosen (BKD) berdasarkan Aplikasi Sistem Informasi Sumber Daya Terintegrasi (SISTER) untuk seluruh Dosen IAIN Samarinda secara daring melalui Zoom Meeting dengan menghadirkan dua narasumber, yaitu Bapak Mahendra Pratama dan Rizky Tito Prasetyo dari Tim SISTER Direktorat Jendral DIKTI Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi pada hari Senin, (31/5/2021).

Pelatihan ini dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor I, Bapak Dr. Muhammad Nasir, M.Ag. yang sebelumnya telah menghadiri Refleksi Hari Lahir Pancasila dan Rapat Luar Biasa Alih Status IAIN Samarinda di Auditorium 22 Dzulhijjah.

“Pelatihan ini sangat penting untuk diikuti oleh seluruh Dosen IAIN Samarinda. Apalagi mengingat saat ini kita sedang dalam masa peralihan untuk berubah menjadi Universitas Negeri Islam Sultan Aji Muhammad Idris, sehingga penggunaan teknologi sudah menjadi keharusan dalam penyimpanan data dosen yang berkaitan dengan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Jangan sampai nanti ketika kita sudah sepenuhnya menjadi UIN, kualitas kita malah sama saja ketika masih menjadi IAIN.” imbuhnya

Pada kesempatan berikutnya, Bapak Mahendra Pratama dan Rizky Tito Prasetyo menyampaikan bahwa aplikasi SISTER adalah jawaban atas kebutuhan pemutakhiran data yang lengkap dan detail demi peningkatan layanan Kementerian, yang didasarkan pada Permenristek Nomor 61 Tahun 2016 tentang Pangkalan Data Pendidikan Tinggi dan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 17 Tahun 2013 tentang Jabatan Fungsional Dosen dan Angka Kreditnya bab VIII pasal 14.

“Aplikasi SISTER menjadi pangkalan data fortofolio dosen pada kegiatan pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan penunjang yang nantinya aplikasi ini dapat terkoneksi pada Sinta dan Litabdimas. Sehingga benar-benar efektif dan efisien dalam penggumpulan data dosen pada tiap perguruan tinggi.” tambah Bapak Mahendra Pratama.

Dalam pelatihan ini, Bapak Rizky Tito Prasetyo kemudian menjelaskan secara terperinci tata cara menjalankan aplikasi SISTER mulai dari login hingga penginputan data tiap kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Meski dilaksanakan secara online, para dosen IAIN Samarinda tetap mengikuti Pelatihan Penyusunan BKD Berdasarkan Aplikasi SISTER ini dengan penuh perhatian. (Ns/Rh)

News Feed