by

Upayakan Sinergi yang Lebih Baik, Kabiro AUAK IAIN Samarinda Adakan Rakor

SAMARINDA, IAIN NEWS,- Kepala Biro AUAK IAIN Samarinda, H. Suriansyah Hanafi, S.Ag., M.Pd., pimpin Rapat Pengarahan serta Koordinasi terkait tenaga kependidikan dan  lembaga bersama seluruh Kepala Bagian, Kepala Sub Bagian, dan Koordinator di IAIN Samarinda pada hari Rabu, (2/6/2021).

Dalam sambutannya, Bapak H. Suriansyah menyampaikan perlu adanya kelola pada 5 aspek saat melakukan pekerjaan, diantaranya adalah Kelola Orang, Kelola Barang, Kelola Uang, Kelola Program, serta Kelola Data dan Informasi.

“Menyangkut Kelola Orang, berarti kita bicara tentang bagaimana melakukan manajemen Sumber Daya Manusia (SDM). Bagaimana caranya kita melakukan kaderisasi agar tidak menjadi celaka saat ada perubahan-perubahan. Selain itu, kita juga perlu memperhatikan cara kita bekerja. Bekerjalah secara terukur, fokus, berdampak dan bertanggung jawab. Jangan sampai hanya fokus saja tapi tidak memiliki dampak apa-apa bagi lembaga,” jelasnya.

Bapak H. Surianyah juga menyebutkan tentang Kelola Barang dan Kelola Uang. Ada aturan yang sangat perlu untuk diperhatikan dalam melaksanakan Kelola Barang dan Kelola Uang tersebut.

“Aset adalah berasal dari uang negara, jadi tentu harus ada pencatatan, sehingga ada kepatuhan terhadap peraturan,” tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, Kelola Program serta Kelola Data dan Informasi juga menjadi aspek yang dibahas dalam sambutan Kabiro AUAK IAIN Samarinda ini.

“Kelola Program perlu dilakukan agar program tersebut dapat menyentuh baik pihak internal maupun eksternal. Dilanjutkan dengan Kelola Data dan Informasi, bagaimana data dan informasi dapat tersedia dan dapat dikses dengan mudah,” tambahnya.

Diakhir kata sambutannya, H. Suriansyah menyampaikan ada 3 konsep yang perlu dikembangkan bersama, yaitu peningkatan dan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM), Ta’awun (tolong menolong dalam kebaikan), serta Takaful (solidaritas).

“Mari kita saling berinteraksi, melakukan sinergi yang baik, dan membangun kolaborasi yang lebih solid,” tutupnya.

Rapat Pengarahan dan Koordinasi ini diakhiri dengan brainstorming atau dengar pendapat dari seluruh Kepala Bagian, Kepala Sub Bagian, dan Koordinator di IAIN Samarinda yang hadir pada kesempatan tersebut untuk membuat konsep kerja yang lebih baik demi menyongsong alih status UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda.

(NS/Rh)

News Feed