by

FTIK IAIN Samarinda Gelar Orientasi Akademik Mahasiswa PPG 2021

SAMARINDA, IAIN NEWS,- Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Samarinda telah selanggarakan Orientasi Akademik Mahasiswa PPG PAI-Madrasah Tahun 2021 secara daring melalui zoom meeting, Rabu (3/6/2021).

Kegiatan diawali dengan Sambutan dari Plt. Kaprodi PPG Dalam Jabatan Tahun 2021 IAIN Samarinda yaitu Dr. Suratman, M.Pd. Dalam sambutannya, Dr. Suratman menyampaikan bahwa jumlah mahasiswa PPG untuk PAI adalah sebanyak 215 orang dan untuk PPG Madrasah sebanyak 150 orang.

“Total peserta PPG Tahun 2021 di IAIN Samarinda ada 365 orang. Sebanyak 215 orang untuk PAI dan 150 orang untuk Madrasah. Semoga semua lulus dan menjadi guru profesional” tambahnya.

Pada kesempatan berikutnya, Dr. Muhammad Nasir, M.Ag. selaku Wakil Rektor 1 IAIN Samarinda juga menyampaikan sambutannya.

“PPG adalah salah satu Prodi di IAIN Samarinda yang sudah diakreditasi oleh BAN-PT dan status Bapak/Ibu semua adalah sebagai mahasiswa PPG IAIN Samarinda. Harapannya, Bapak/Ibu bisa menjadi mahasiswa yang lulus untuk menjadi guru profesional.”

Baca Juga: FTIK IAIN Samarinda Siap Sukseskan PPG 2021

Dr. Nasir menerangkan untuk lulus dan menjadi guru yang profesional serta mendapatkan sertifikasi, mahasiswa PPG 2021 harus merujuk kepada surah Al-‘Alaq.

“Kata pertama dalam Surah Al-’Alaq adalah Iqro’ yang artinya membaca. Yang dimaksud dengan Iqro’ itu bukan hanya membaca teks tapi juga membaca konteks. Artinya segala sesuatu yang berkaitan dengan mekanisme dan prosedur pelaksanaan PPG yang disampaikan oleh penyelenggara PPG harus dipahami oleh semua Mahasiswa PPG. Selain itu, Bapak/Ibu harus aktif, disiplin dan saling membantu sehingga pada saat ujian nanti bisa lulus 100%.”

“Bapak/Ibu harus terus mencintai pekerjaan bapak ibu sebagai guru. Bekerja dengan keikhlasan sehingga dapat menciptakan generasi bangsa yang berkualitas” tambahnya.

Diakhir sambutannya, Dr. Nasir juga mengucapkan terima kasih kepada Dekan, Wakil Dekan dan para pengelola PPG FTIK IAIN Samarinda yang sudah bekerja keras secara luar biasa sejak awal hingga akan terlaksananya PPG 2021 di IAIN Samarinda bulan ini.

Orientasi Akademik kemudian dilanjutkan dengan pengarahan oleh Penanggung jawab bidang akademik PPG, Dra. Etty Nurbayani, M.Pd. tentang sistem perkuliahan PPG.

“Selama proses pelaksanaan PPG nanti akan ada Pendalaman Materi, Lokakarya, PPL, UKin dan UP (Uji Pengetahuan) dengan kurikulum pendalaman materi sebanyak 5 SKS, Lokakarya 3 SKS, dan PPL 4 SKS.”

Tidak ketinggalan, Refreshment Learning Management System oleh Yunita Noor Azizah, M.Pd.I. yang menjelaskan tentang tata cara penggunaan SPACE (Sistem Pembelajaran Agama Cara Elektronik)  pada akun mahasiswa PPG PAI dan Madrasah LPTK IAIN Samarinda. Selain itu Ibu Yunita juga menjelaskan hal-hal terkait dengan tugas mahasiswa selama pelaksanaan PPG ini.

Orientasi Akademik dilaksanakan oleh Pengelola PPG PAI, yaitu Yunita Noor Azizah, M.Pd.I. sebagai Ketua Pelaksana dan Ahmad Maulana Syafi’i, M.Si. sebagai sekretaris LMS PAI dan Pengelola PPG Madrasah serta Saipul Hadi, M.Pd. sebagai Ketua Pelaksana dan M. Agil, M, Si. sebagai sekretaris dan admin LMS PPG Guru Madrasah. (Ns/Yn)

News Feed