by

Tingkatkan Semangat Menulis Karya Ilmiah, LPPM IAIN Samarinda Selenggarakan Webinar Bersama PT. RajaGrafindo Persada

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda selenggarakan Webinar Series sebagai tindak lanjut dari kerjasama dengan PT. RajaGrafindo Persada dengan tema “Cekatan Menerbitkan Buku Berskala Nasional”. Rabu (7/4/2021).

Webinar Series dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan semangat para penulis dari unsur dosen di IAIN Samarinda dalam membuat suatu karya Ilmiah. Narasumber yang hadir dalam agenda ini adalah Senior Editor RajaGrafindo Ibu Monalisa dan Ketua LPPM IAIN Samarinda Bapak Alfitri, M.Ag., LL.M., Ph.D.

PT. RajaGrafindo Persada rutin melaksanakan Webinar Series dengan banyak universitas di Indonesia untuk berbagi informasi kepada civitas akademika mengenai bagaimana menulis buku, merancang, sekaligus bisa terbit berskala nasional. Hal ini tentu karena publikasi ilmiah menjadi salah satu indikator kinerja utama (IKU) bagi suatu lembaga penelitian. Selain melihat produktivitas dari sisi kualitas dan kuantitas, visibilitas dan aksesibiltasnya juga patut menjadi perhatian.

Dari hasil pemaparan materi kedua narasumber, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yakni naskah harus berkualitas karena akan sangat mempengaruhi kualitas pasar juga, penulis dapat memenuhi syarat yang ditentukan oleh Penerbit dalam menerbitkan karya, dan pemenuhan nanti akan dinilai oleh tim penerbit sebagai tingkat keseriusan penulis dalam penerbitan karyanya.

Webinar terpantau diikuti oleh lebih dari 100 peserta dari civitas akademika IAIN Samarinda dan masyarakat umum dari beberapa kota seperti Bandung, Kediri, Kalimantan Utara, dan masih banyak lagi. (Wd/Rh/Ns).

News Feed