by

Cetak 30 Relawan Berkualitas, KSR IAIN Samarinda Gelar DIKSAR

SAMARINDA, IAIN NEWS,- Unit Kegiatan Khusus (UKK) Korps Suka Rela (KSR) Palang Merah Indonesia (PMI) unit Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda gelar Pelatihan DIKSAR (Pendidikan Dasar 120 jam) dengan tema “Meningkatkan Profesionalitas dan Loyalitas Relawan melalui Pendidikan dan Pelatihan Dasar” di Aula PMI Provinsi Kalimantan Timur, Kamis (24/6/2021).

Sabila Muthia Widra selaku Ketua Panitia Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) IAIN Samarinda menuturkan jumlah peserta yang mengikuti pelatihan dan pendidikan dasar.

“Yang hadir sebanyak 30 peserta, terdiri dari 23 orang KSR unit PMI IAIN Samarinda dan 7 orang dari KSR Unit PMI Kota Samarinda,” katanya.

Kegiatan ini menjadi sebuah kegiatan tahunan yang rutin dilaksanakan oleh KSR PMI unit IAIN Samarinda. Turut hadir Ketua PMI Provinsi Kalimantan Timur H. Edy Sukamto, S.Kp., M.Kep. dan perwakilan PMI Kota Samarinda Drs. Decky Zulkifli M.Si. dan H. Dirhamsyah.

Ketua PMI Provinsi itu mengapresiasi keberhasilan alih status menjadi Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda dan sangat mendukung KSR Unit IAIN Samarinda untuk turut bergerak dalam mengembangkan kampusnya yang juga sekaligus sebagai wujud dari pergerakan nasional.

“Selamat kepada IAIN Samarinda yang telah beralih status menjadi UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Dalam hal ini, KSR Unit IAIN Samarinda seperti yang kita ketahui adalah kesatuan unit dari PMI yang bergerak mewujudkan pergerakan nasional, kita juga harus tunduk kepada Konferensi Jenewa, dan saya bersyukur KSR IAIN masih menuliskan PMI di Korps KSR IAIN Samarinda,” ungkapnya.

“Sasaran utama Palang Merah Indonesia (PMI) adalah masyarakat. Pertama, mereka yang mengalami penderitaan akibat bencana. Kedua, daerah konflik. Ketiga, harapan dari PMI selama mereka masih berstatus sebagai mahasiswa, harus tetap fokus terhadap tugas intrakurikuler, tetapi untuk menjadi seorang sarjana harus banyak mengikuti ekstrakurikuler. Intinya, jangan lupakan tugas pokok mahasiswa,” imbuh Pak Edy.

Di ruang yang sama, Drs. Decky zulkifli M.Si. Perwakilan dari PMI Kota Samarinda mengajak KSR Unit Samarinda untuk dapat aktif dalam kegiatan dan bisa memulainya dari tingkat kecamatan.

“Kita ketahui bahwa unit yang ada di KSR ini berada di wilayah cluster, harus berkoordinasi dengan kecamatan wilayah masing-masing, supaya pembinaan secara berjenjang menjadi lebih bagus. Jadi, kegiatan itu harus dilakukan dimulai dari tingkat kecamatan dan alhamdulillah seluruh kecamatan menyambut baik kegiatan dari Palang Merah Indonesia ini,” ujarnya.

Akhir kata, Pak Decky berpesan untuk tetap selalu menjaga kesehatan, menggunakan masker, jaga jarak, cuci tangan, dan jauhi kerumunan.

“Jaga 3 M, kita masih di situasi pandemi. Untuk rekan-rekan PMI, kita itu kerja sosial, memiliki cita-cita mulia terhadap kemanusiaan dan sebagai jalan ibadah kita terhadap Allah SWT, semoga amal kita ini dapat melapangkan alam kubur sebagai amal jariyah ke akhirat,” tutupnya. (Im/Rh/Ns)

News Feed