by

Sembilan Mahasiswa IAIN Samarinda Ikut KKN Kolaborasi Nusantara 2021

-Mahasiswa-158 views

SAMARINDA, IAIN NEWS,- Pelaksanaan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Nusantara tahun 2021 di selenggarakan di tiga daerah antaranya Manado, Kendari, dan Palangkaraya. KKN Nusantara program Kementerian Agama RI tersebut diikuti sejumlah Kampus Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) termasuk Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda atau Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda.

Informasi yang dihimpun oleh media ini, ketiga daerah tersebut terpilih lantaran dinilai terletak di daerah plural, hal itu sejalan dengan tema yang diusung KKN Nusantara yakni penguatan moderasi beragama merajut multikultural di Indonesia.

Setidaknya terdapat sembilan mahasiswa IAIN-UIN Samarinda yang terpilih dalam kegiatan KKN Nusantara tersebut diantaranya adalah Rasmah, Naomi Ainun, dan Dewi Maria yang masing-masing adalah Mahasiswa Kelas Khusus Internasional (KKI) asal Prodi Pendidikan Agama Islam, Risnawati dan Murniati asal Prodi Bimbingan Konseling Islam, Fithria Rachma asal Prodi Pendidikan Bahasa Arab, Abdul Majid asal Prodi Manajemen Pendidikan Islam, Muh. Syahidul asal Prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir dan Meilita asal Prodi Komunikasi Penyiaran Islam.

Naomi Ainun yang merupakan salah satu peserta KKN Nusantara asal KKI FTIK IAIN Samarinda kepada media ini menuturkan diri dan rekan-rekannya tidak terpilih begitu saja, melainkan melalui tahapan seleksi administrasi dan wawancara terkait wawasan dan motivasi memilih Program KKN Nusantara.

“Tidak langsung diutus begitu saja, sebelumnya kita ada seleksi tapi kontingen IAIN Samarinda ini tidak berada satu tempat, ada di Manado, Palangkaraya, dan Kendari,” singkat dia via WhatsApp.

Meskipun dalam pandemi Covid-19, kata Naomi, kontingen IAIN Samarinda yang bertugas di Kendari akan dimulai sejak tanggal 29 Juli sampai dengan 4 Agustus 2021, sementara kontingen Manado dan Palangkaraya masih dalam penyesuaian situasi pandemi Covid-19 di daerah masing-masing.#id

News Feed