by

Perkuat Literasi Sistem Peradilan di Indonesia, Narasumber Kuliah Umum PPs IAIN Samarinda Hadirkan Hakim Agung RI

-Kegiatan-85 views

SAMARINDA, IAIN NEWS,- Program Pascasarjana (PPs) IAIN Samarinda yang telah beralih status menjadi Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda sukses gelar Kuliah Umum bersama Hakim Agung RI Dr. H. A. Mukti Arto, S.H., M.Hum. dengan tema “Pembaruan & Modernisasi Sistem Peradilan di Indonesia: Menjawab Tantangan & Perubahan Zaman” di Auditorium 22 Dzulhijjah Kampus 2 Jl. H.A.M. Rifaddin Harapan Baru Loajanan Ilir Samarinda, Kamis (01/7/2021)

Sebelumnya (30/6/), Dr. Mukti juga turut menjadi pembicara di Kantor Bupati Penajam Paser Utara (PPU) dalam pembinaan di Pengadilan Agama Penajam bertajuk pada pembaruan hukum dan peradilan membangun birokrasi Peradilan Agama berstandar Internasional.

Turut hadir pada kegiatan Kuliah Umum tersebut antara lain Ketua Pengadilan Tinggi Agama (PTA) Samarinda Drs. H. Abdullah, S.H., M.H., Sekretaris PTA Samarinda H. Saifuddin, S.H., M.H., Ketua Pengadilan Agama (PA) Samarinda Drs. H. Syahruddin, S.H., M.H., para Hakim PTA dan PA Samarinda, Panitera PTA Kalimantan Timur Drs. Kurthubi, M.H, para Pimpinan dan Dosen di lingkungan IAIN Samarinda.

Dalam sambutannnya Rektor IAIN Samarinda Prof. Dr. H. Mukhamad Ilyasin, M.Pd. menilai modernisasi sejala dengan perkembangan zaman, maka tentu saja menjadi kebutuhan yang tidak mungkin dihindari dari segala lini bidang termasuk pada bidang dakwah islam. Berkaitan dengan hal tersebut, menurut Rektor  moderasi beragama menjadi hal penting untuk dimiliki semua kalangan khususnya praktisi Perguruan Tinggi

“Perkembangan dinamika keagamaan di negara kita relatif berkembang maju seiring dengan teknologi yang ada, tapi jadi keperihatinan kita karena ternyata ada pergeseran pada dinamika dakwah itu yang sangat masif, mislanya saja dari kelompok non mainstream atau radikal yang belakangan ini cenderung berkeinginan menggeser kearah kekuasaan. Kalau ini kita bairkan tanpa antisipasi dalam dakwah, tentu pergeseran dan pergerakan radikalisme ini akan mewarnai sistem kepemimpinan di bangsa ini yang tentunya akan berpengaruh dinamika kita dalam berbangsa dan bernengara.” Tegas Rektor Akrab disapa Prof. Iyasin tersebut.

Sebelum menutup, Rektor juga menyampaikan sikap optimisnya terhadap kampus yang ia mimpin mampun menjadi Peguruan Tinggi Keagamaan Islamyang  terdepan dalam pengembangan peradaban keislaman dengan corak moderat bisa beriringan dengan kekuasaan,  sehingga paling tidak negara ini senantiasa dalam kondisi yang damai dan sejahtera

“Karena kami punya semangat bahwa UINSI Samarinda akan mampu mengawal Ideologi Pancasila, menjadi kelompok Islam yang moderat sehingga mampu berperan lebih dibandingkan kelompok-kelompok ekstrem,” tutup Rektor.

Dari pantauan media ini, usai sambutan Rektor turut menandatangani perjanjian kerjasama  tentang Program Pengembangan Akademik, Penelitian, dan Pengabdian pada Masyarat antara IAIN Samarinda dengan Pengadilan Tinggi Agama Samarinda yang disaksikan oleh Hakim Agung RI.

Sementara itu, dalam kuliah umumnya Dr. Mukti menjelaskan tentang penggunaan teknologi dan informasi yang diaplikasikan pada proses pendaftaran perkara dan layanan lainnya. Pendaftaran perkara sampai dengan selesainya pelaksanaan putusan, menurut Dr. Mukti merupakan pelayanan yang harus diberikan kepada setiap subyek yang mencari keadilan di Pengadilan. Adapaun aspek peradilan terbaik mencangkup tiga aspek yakni kemanusiaan, teknis dan substansi pelayanan#humas (ra/id)

News Feed