by

LP2M Selenggarakan Sosialisasi dan Pembekalan KKN Blanded IAIN Samarinda 2021

SAMARINDA, IAIN NEWS,- LP2M Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda menggelar Pembekalan untuk mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Dari Rumah (KKN-Blanded) Tahun 2021. Pembekalan KKN-B IAIN Samarinda digelar secara virtual Zoom yang terpusat melalui kontrol room langsung dari gedung LP2M IAIN Samarinda. Kegiatan pembekalan ini rencananya akan dilaksanakan selama 2 hari mulai pada hari kamis 15 Juli 2021 sampai dengan hari Jum’at 16 Juli 2021.

Ketua panitia KKN-B IAIN Samarinda, Bapak Mustamin, S.Ag, M.Pd., menyampaikan laporan bahwa KKN-B pada tahun ini diikuti 1382 mahasiswa. Tahun ini IAIN Samarinda tidak lagi melaksanakan KKN penuh secara daring. Ini dikarenakan, setelah melakukan koordinasi yang cukup panjang kepada sejumlah pemerintah kabupaten dan kota di Kalimantan Timur, dihasilkan permintaan yang cukup tinggi untuk melaksanakan KKN secara reguler atau normal dan tidak secara daring atau online.

“Walaupun dilaksanakan secara tiga model yaitu daring, semi regular dan reguler KKN-B tahun 2021 IAIN Samarinda tetap fokus memperhatikan kondisi tempat pelaksanaan KKN yaitu kondisi terkini terkait pandemi covid 19 d masing-masingi daerah tersebut,” imbuhnya.

Terakhir, Bapak Mustamin juga menyampaikan bahwasannya KKN-B ini tetap mengacu pada protokol kesehatan yang ketat agar menjaga keselamatan seluruh pihak.

Selanjutnya sambutan dari Ketua LP2M Alfitri, M.Ag, LL.M, Ph.D. sekaligus mewakili Rektor IAIN Samarinda untuk membuka acara, menyampaikan bahwasannya tujuan KKN adalah untuk menyempurnakan ilmu yang sudah didapatkan dikampus agar bisa diterapkan pada masyarakat.

“Pada tahun ini KKN dilaksanakan tidak hanya secara daring atau online, tetapi juga dilaksanakan secara semi regular yaitu turun ke lapangan melaksanakan program tetapi tidak diperbolehkan mendirikan posko, dan model regular seperti biasa mahasiswa dapat turun kelapangan dan dapat mendirikan posko,” ungkapnya.

Kegiatan KKN adalah salah satu kegiatan tridarma perguruan tinggi yang menjadikan mahasiswa menjadi duta dan diharapkan bisa menjadi contoh dan membawa nama baik bagi lembaga maupun individu masing-masing.

“Menyambut perubahan status UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda, mahasiswa bisa menjadi humas IAIN kepada masyarakat untuk menginformasikan perubahan status tersebut dan informasi terbaru lainnya dari universitas,” tambahnya.

Pak Al juga berpesan kepada seluruh mahasiswa untuk selalu berkoordinasi kepada dosen pembimbing agar dalam melaksanakan program dilapangan bisa lebih efisien dan tepat sasaran.

Kegiatan pembekalan ini dilanjutkan dengan pembahasan tentang juknis pelaksanaan KKN-B tahun 2021 oleh Dr. Umar Fauzan, M.Pd, dan penyampaiaan sistem pelaporan oleh Drs. Khairul Saleh, M.Ag. (LP2M/Nr/Rh)

News Feed