by

LP2M Selenggarakan Sosialisasi Juknis KKN-B IAIN Samarinda Untuk DPL

SAMARINDA, IAIN NEWS,- Menghadapi Kegiatan KKN yang tinggal menghitung hari lagi, LP2M IAIN Samarinda dalam hal ini Divisi Pengabdian Masyarakat yang diketuai oleh Mustamin, S.Ag, M.Pd sekaligus ketua KKN mengadakan sosialisasi dan implementasi KKN 2021 dengan konsep Blended dengan para DPL (Dosen Pembimbing Lapang) KKN 2021.  Kegiatan ini bertempat di ruang LP2M UINSI Samarinda secara daring melalui zoom meeting pada hari Rabu (14/7/2021) lalu.

Ketua LP2M Alfitri, M.Ag, LL.M, Ph.d dalam kesempatan ini memberikan arahan bahwa meskipun kegiatan KKN tahun ini masih dalam masa pandemi, namun tidak membuat kegiatan KKN tidak dimaksimalkan.

“Pada tahun ini LP2M IAIN Samarinda menggagas KKN Blended yang mana bisa dijadikan suatu penyesuaian dalam menghadapi kehidupan new normal,” ungkapnya.

Mustamin, S.Ag, M.Pd selaku ketua KKN kali ini mengatakan bahwa dalam pelaksanaan KKN Blended terdapat tiga pilihan kepada mahasiswa, yaitu dilaksanakan secara daring, semi regular, dan regular. Sebelum membuat program tersebut tim LP2M IAIN Samarinda sudah mengadakan penjajakan kepada beberapa pemerintah daerah di Kalimantan Timur dan beberapa kota dan kabupaten memberikan respon baik atas program KKN Blended.

Adapun menurut jumlah presentasi mahasiswa yang mengikuti KKN B tahun 2021 yang berjumlah 1382 dan hanya 218 yang memilih KKN daring, itu menandakan bahwasanya mahasiswa juga menyambut baik atas program KKN B tersebut.

“Dalam pelaksanaan KKN tetap memperhatikan prosedur kesehatan dalam hal kegiatan apapun dikarenakan untuk menjaga keselamatan bersama,” tambhanya.

Drs. Khairul Saleh, M.Ag selaku Sekretaris LP2M juga menyampaikan hendaknya para DPL senantiasa terus memantau kinerja dari para mahasiswanya, apalagi proses KKN ini cukup berbeda dari KKN sebelumnya. 

Kemudian lebih lanjut bahwa KKN ini merupakan KKN yang baru untuk IAIN Samarinda dan mudah-mudahan bisa menjadi contoh bagaimana konsep KKN masa pandemi dilaksanakan dan berharap bisa berjalan lancar.

Kegiatan ini ditutup dengan tanya jawab juknis KKN B yang dipandu oleh Dr. Umar Fauzan, M.Pd selaku ketua pusat penelitian LP2M UINSI Samarinda. (LP2M)

News Feed