by

Pekan AMI 2020/2021, Rektor: Perbaiki Sebelum Rusak, Jangan jadi Makmum di Rumah Sendiri

-AKADEMIA, Berita-106 views

SAMARINDA, UINSI NEWS,- Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda selenggarakan Pembukaan Pekan Audit Mutu Interal (AMI) Semester Genap 2020/2021 secara daring melalui Zoom Meeting. Selasa (31/8/2021).

Kegiatan ini diawali oleh sambutan dari Ketua LPM, Dr. Nur Kholik Afandi yang menyebutkan bahwa untuk semester ini proses audit akan fokus kepada Rektorat, Biro AUAK, LPPM dan unit-unit seperti Perpustakaan, TIPD, UPB dan Ma’had Al-Jami’ah.

“Fokus audit kali ini akan dimulai pada bagian Rektorat. Mohon bapak/ibu yang menjadi auditor untuk bisa bekerjasama menyiapkan dan memberikan data. Semoga pekan AMI bisa berjalan sesuai rencana dan lancar,” tuturnya.

Dalam kesempatan selanjutnya, Rektor berikan sambutan sekaligus membuka secara resmi Pekan AMI periode Semester Genap 2020/2021 ini.

“Saya bangga bahwa Pekan AMI ini bisa berjalan dan akan dilaksanakan kembali pada minggu ini. Kegiatan ini menunjukan bahwa UIN bergerak kontinu, perlahan namun pasti melakukan perubahan dan perkembangan di kampus kita. Sikap ini mengindikasikan kriteria prinsip manajemen modern. Apa itu prinsip2 manajemen modern? Yaitu tidak menunggu rusak baru dibaiki,” tegas Prof. Ilyasin.

“Kalau bukan kita duluan yang memperbaiki, nanti akan ada orang lain yang melakukannya sedang kita akan seterusnya hanya akan menjadi makmum di rumah sendiri. Kita harus menjadi Imam, independen dan inovatif, karena Saya percaya yang ada dalam sistem ini semuanya menaruh harapan kepada kampus kita,” imbuhnya.

Di ruang Zoom itu, Rektor sampaikan harapannya terhadap Pekan AMI dan beberapa hal penting untuk diperhatikan dalam peningkatan mutu.

“Mudah-mudahan beberapa ikhtiar yang telah dipromotori oleh LPM ini bisa direspon dengan baik oleh unit-unit lain terutama di tingkat fakultas. Yang tidak kalah pentingnya dan tidak boleh kita tinggalkan tentu penguatan SDM, peningkatan kualifikasi, kepangkatan, kompetensi, proposi, dan beban kerja, kinerja dosen, dll. yang semuanya itu seolah sulit untuk dilihat secara teliti dalam kaitannya dengan mutu, padahal hal tersebut sangat erat hubungannya dengan kualitas mutu,” tutupnya.

Sambutan Rektor diakhiri dengan pembukaan pekan AMI Semester Genap tahun akademik 2021/2021. Kegiatan dilanjutkan dengan penjelasan teknis tentang proses dan instrumen audit oleh Dr. Husni Idris, M.Pd. (humas/ns/rh).

News Feed