by

Upgrading Scientific Writing, PPs UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda Gelar Workshop Penulisan Karya Ilmiah

SAMARINDA, UINSI NEWS,- Program Pascasarjana UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda laksanakan Workshop Penulisan Karya Ilmiah sebagai sarana untuk memudahkan penulisan tugas akhir jenjang Magister. Kegiatan ini mengundang sejumlah ahli dari jajaran dosen UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda di Ballroom Hotel Grand Sawit dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Jumat (10/9/2021).

Workshop yang digelar pagi itu dibuka dengan sambutan dari Direktur Pascasarjana Dr. Muhammad Tahir, M.M.

“Maksud kegiatan ini adalah untuk mengupgrade kembali bagaimana penulisan karya ilmiah dalam bentuk tesis atau jurnal. Kedepannya bukan hanya wajib di submit, tetapi wajib di jurnal yang terakreditasi,” ungkapnya.

Wakil Rektor I UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda turut hadir memberikan motivasi sekaligus membuka kegiatan pelatihan penulisan karya ilmiah.

“Dengan mengucapkan bismillah, kita buka acara ini. Mari kita manfaatkan waktu kita untuk saling sharing dan terus berupaya melakukan peningkatan kompetensi penulisan karya ilmiah,” tuturnya.

Dari hasil pantauan media, Ahmad Syarif, M.Sc. yang bertindak sebagai moderator workshop adalah seorang praktisi bidang ekonomi dan dosen UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda yang aktif dalam bidang penulisan. Tercatat sebanyak 10 artikel yang terekam Google Scholar.

Pascasarjana menghadirkan narasumber ahli yang merupakan Guru Besar bidang Evaluasi Pendidikan, Prof. Dr. Zurqoni, M.Ag. Di ruang yang sama, beliau berbagi ilmu dasar pengetahuan dalam scientific research kepada mahasiswa Pascasarjana UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda.

Dilanjutkan dengan pembahasan kedua tentang konversi penelitian ilmiah skripsi/tesis/disertasi menjadi artikel jurnal oleh Dr. Khusnul Wardan. Dosen UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda ini diketahui juga aktif sebagai YouTuber yang rutin menyajikan konten penulisan ilmiah dan supervisi pendidikan di kanal YouTube-nya.

Workshop penulisan karya ilmiah ini juga mengahadirkan Dr. Umar Fauzan dan Tim LP2M untuk memberikan penjelaskan terkait referensi dan pengutipan serta praktik penggunaan reference manager yang disambut antusias oleh para mahasiswa.

Sebagai penutup, Dr. Khojir memotivasi dan membangkitkan kembali semangat mahasiswa calon Magister untuk terus menggali potensi diri.

“Jurnal harus akrab dan familiar oleh mahasiswa. Meskipun Kalimantan dianggap hutan, tapi ide kita bisa dibaca dunia. Membiasakan menulis adalah dengan tidak takut salah. Orang gagal total adalah yang tidak mencoba,” ungkapnya di podium sore itu.

“Kita ingin mencetak Magister yang berkualitas, step by step. Dari submit, published di jurnal, besok-besok kita akan sampai pada jurnal akreditasi nasional, dan begitu seterusnya,” tutupnya. (humas/rh).

News Feed