by

Tingkatkan Promosi dan Produktivitas, UIN Samarinda Gandeng Perpustakaan Islamic Center Kalimantan Timur

SAMARINDA, UINSI NEWS,- UPT Perpustakaan UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda laksanakan penandatanganan kerja sama dengan UPT Perpustakaan Islamic Center Provinsi Kalimantan Timur di Aula Teater Perpustakaan Lantai 3 Kampus II UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Selasa (14/9/2021).

Drs. H. Sumindar, M.Si selaku Kepala UPT Perpustakaan Islamic Center menyampaikan dua hal utama yang melatarbelakangi terwujudnya kerja sama antara Perpustakaan UINSI dengan Perpustakaan Islamic Center.

“Pertama, kerja sama yang tak terduga telah terjalin antara perpustakaan Islamic Center dengan Kemenag. Selama ini, Kementerian Agama telah memberikan bantuan baik berupa bantuan dana maupun bantuan buku kepada Perpustakaan Islamic. Hal ini menunjukkan bahwa jejaring antara umat Islam sangat bagus. Selanjutnya, kami cermati UINSI juga sering sekali membantu dengan memberikan buku-buku karya para dosen. Saking banyaknya buku yang dibantu dan berasal dari UINSI, maka banyak juga buku yang akan kami serahkan ke perpustakaan lain, termasuk Madrasah Aliyah,” ujarnya di aula pagi itu.

“Kedua, ada gagasan dan keinginan kami tahun ini, islamic center akan melakukan e-library berbasis digital, kedepannya koleksi penting akan kami scan untuk didigitalkan disamping buku-buku digital yang sudah kami beli. Selain itu, ada juga angan-angan untuk mengikuti akreditasi,” lanjutnya.

H. Sumindar juga mengatakan bahwa kegiatan penandatanganan kerja sama ini akan diekspos melalui TV Islamic agar jejaring kerja sama bersama UINSI Samarinda bisa diketahui khayalak umum dan harapannya bisa lebih dikembangkan.

Pada kesempatan yang sama, turut hadir Wakil Rektor II Prof. Zurqoni, M.Ag. dan Wakil Rektor III Dr. H. M. Abzar Duraesa, M.Ag.

Senada dengan apa yang disampaikan oleh H. Sumindar, Prof. Zurqoni juga menyambut positif dan sangat baik kerja sama ini. Guru Besar UIN Samarinda itu juga berharap kerja sama tersebut bisa membuat perpustakaan lebih dikenal masyarakat dan kegiatan-kegiatan yang diprogramkan menjadi lebih produktif.

Di ruang yang sama, Dr. Abzar menambahkan kutipan dari Rektor, Prof. Dr. H. Mukhamad Ilyasin, M.Pd., yang menyatakan bahwa UINSI bisa maju mana kala bisa bergandeng dengan lembaga-lembaga lain.

“Saya yakin dan percaya bahwa kerjasama antara UINSI dengan Islamic Center, lebih spesifik lagi perpustakaan, merupakan ikhtiar kita sesama core pendidikan Islam, tentu dalam konteks kerja sama ini yang dikedepankan adalah silaturahmi yang memberi manfaat,” katanya.

Di penghujung acara, Kepala UPT Perpustakaan Dr. Bahrani, M.Pd. menyampaikan rasa sukacitanya atas kerja sama yang terjalin antara Perpustakaan UINSI dengan Perpustakaan Islamic Center.

Alhamdulillah, Perpustakaan UINSI sudah terakreditasi A, Alhamdulillah semua aspek yang dinilai hampir semuanya mendapat A. Kami sangat senang bisa bekerja sama dengan perpustakaan Islamic Center dan semoga kerja sama ini bisa terjalin erat untuk saling mendukung,” tutupnya.

Acara Selasa pagi itu diakhiri dengan penandatangan kerja sama antara UPT Perpustakaan UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda dengan UPT Perpustakaan Islamic Center Provinsi Kalimantan Timur. Disaksikan oleh WR II dan WR III beserta beberapaa staf Perpustakaan UINSI Samarinda. (humas/ns/rh)

News Feed