by

Humas UIN Samarinda Gelar Workshop Optimalisasi SDM & Gandeng 6 Media Publikasi

-Berita, Kegiatan-151 views

SAMARINDA, UINSI NEWS,- Humas UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda selenggarakan Workshop Kehumasan dan Protokoler dengan tema “Optimalisasi SDM Humas dan Protokoler dalam rangka Membangun Citra Lembaga di Era Society 5.0” dan Penandatanganan Nota Kesepahaman antara UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda dengan Media Publikasi di Auditorium 22 Dzulhijjah Kampus II, Jl. H.A.M. Rifaddin. Selasa (21/9/2021).

Terpantau media, Rektor Prof. Ilyasin hadir untuk memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan pagi itu. Di panggung, Rektor sampaikan pentingnya untuk terus mengupgrade diri dan berinovasi.

“Tidak ada kata tidak untuk berinovasi, ada tiga hal ukurannya, be The First, The Best, atau The Different. Menjadi yang paling pertama dan memberikan hal yang belum pernah ada, memberikan kemampuan terbaik, atau menjadi yang berbeda,” tuturnya.

Dilanjutkan dengan taken MoU dengan 6 media publikasi: Koran Kaltim, Kaltimpos, Disway, TV Kaltimtara, RRI, dan Tepian TV.

Koordinator Humas Agus Prajitno, S.Si.T., M.Eng. bertindak sebagai moderator dari 3 narasumber utama, RRI Samarinda, Kantor Bahasa Kalimantan Timur, dan Kantor Gubernur.

Workshop dibuka dengan materi kode etik jurnalistik oleh Kepala Bidang Siaran RRI Ibu Supriyati, S.E., M.Si.

“Hal paling utama yang harus diperhatikan penanggung jawab liputan adalah news value yaitu layak tidaknya suatu peristiwa diberitakan,” ujarnya.

Usai diskusi hangat antara peserta dan pemateri, moderator melanjutkannya dengan bahasan kedua yang krusial dalam publikasi. Pembahasan terkait kebahasaan dalam menulis berita ini disampaikan oleh Ibu Nurul Masfufah, M.Pd.

“Gunakan kata atau frasa yang paling tepat untuk mengungkapkan suatu konsep dan tidak menyimpang dari makna yang dimaksud. Contohnya, HUT RI Ke-76. Sekilas kita memahami bahwa itu maksudnya adalah Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke-76. Tetapi secara struktur kata dan bahasa ini kurang tepat, karena angka 76 itu bukan milik RI, seakan-akan RI itu ada 1, 2, 3, dst. Jadi yang benar adalah HUT Ke-76 RI, itu lebih baik dan sesuai secara bahasa,” jelasnya.

Sebagai penutup, materi keprotokoleran disampaikan oleh Kepala Bagian Humas Setda Prov. Kaltim Bapak Drs. Andik Riyanto, M.Si.

“Keberadaan Humas menjadi jembatan komunikatif ke berbagai pihak dan dalam persoalan yang beragam. Hingga terbangun produktifitas, efektif dan profesional,” ujarnya.

Kegiatan ini dilaksanakan dari pukul 08.00-12.00 WITA dan disambut antusias oleh para peserta dari kalangan dosen dan mahasiswa di UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. (humas/rh).

News Feed